Demi FIBA World Cup 2023, Timnas Muda Indonesia akan Ramaikan IBL 2021

Rabu, 4 November 2020 15:30 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor:
© Grafis/INDOSPORT
Tim Elite Muda yang berisikan pemain-pemain muda bakal meramaikan kompetisi IBL 2021 demi menghadapi persiapan FIBA World Cup 2023 dan Piala Asia 2021. Copyright: © Grafis/INDOSPORT
Tim Elite Muda yang berisikan pemain-pemain muda bakal meramaikan kompetisi IBL 2021 demi menghadapi persiapan FIBA World Cup 2023 dan Piala Asia 2021.

INDOSPORT.COM - Tim Elite Muda yang berisikan pemain-pemain muda bakal meramaikan kompetisi IBL 2021 mendatang demi menghadapi persiapan FIBA World Cup 2023 dan Piala Asia 2021.

Sebagaimana diketahui, pada IBL 2020 Timnas basket Indonesia ikut andil dalam kompetisi dengan menggunakan nama Indonesia Patriots demi persiapan tim jelang FIBA World Cup 2023 dan Piala Asia 2021.

Pada IBL 2021 mendatang, Indonesia Patriots akan kembali ikut bermain. Akan tetapi, kali ini mereka bakal menurunkan talenta-talenta muda bola basket Indonesia.

"Sama seperti musim lalu, Indonesia Patriots akan berkompetisi hingga babak regular usai dan tidak ke babak playoff dan selanjutnya,” kata Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah.

Dia berharap para pemain muda  akan memberikan warna pada kompetisi musim depan serta meningkatkan atmosfer kompetisi. Sebab postur tubuh para pemain timnas muda cukup menjanjikan. Para pemain muda tersebut juga berada dalam pengawasan pelatih kepala tim nasional senior asal Serbia, Rajko Toroman.

Pola permainan dan sistem mereka akan sinkron dengan apa yang dilakukan di timnas senior, sebab tim ini memang dibentuk sebagai pelapis timnas senior,” jelas Andi "Batam" Poedjakesuma, manajer Timnas Elite Muda.

Timnas Elite Muda berada di bawah koordinasi Ketua Badan Tim Nasional, Syailendra Bakrie dengan penanggung jawab Wahyu Gunarto. Jabatan manajer tim menjadi tanggung jawab Andi “Batam” Poedjakesuma.

Sementara trio pelatih muda menangani tim masa depan Indonesia. Youbel Sondakh menduduki posisi pelatih kepala dengan dibantu dua asisten pelatih Andre Ekayana Satya Santosa dan Koko Heru S. Nugroho dan Derry Drew menangani urusan strength and conditioning.

Saat ini Timnas Elite Muda sendiri sedang melakukan seleksi tahap kedua. Nantinya pelatih akan memilih 17 pemain untuk berlaga dalam kompetisi IBL 2021.

Seleksi tahap pertama lewat video sudah dilakukan pada 57 pemain muda, sementara seleksi tahap kedua memanggil 29 pemain dari 13 pengprov Perbasi akan dilakukan 5-15 November 2020 di GMC Basketball Arena, Cirebon.

Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih menegaskan bahwa keikutsertaan Timnas Elite Muda di IBL dapat mempersiapkan pelapis bagi timnas senior Indonesia menuju FIBA World Cup 2023.