Tim Duncan Mundur Setelah Setahun Jadi Asisten Pelatih San Antonio Spurs

Jumat, 13 November 2020 12:44 WIB
Editor: Juni Adi
© NBA.com
Tim Duncan saat menjadi asisten pelatih di San Antonio Spurs. Copyright: © NBA.com
Tim Duncan saat menjadi asisten pelatih di San Antonio Spurs.

INDOSPORT.COM - Legenda San Antonio Spurs, Tim Duncan, akan mengumumkan pengunduran dirinya sebagai asisten penuh waktu dari staf kepelatihan Gregg Popovich, sebagaimana yang dilaporkan oleh Marc Stein dari The New York Times.

Meski begitu, sang penghuni Hall of Famer masih diharapkan untuk tetap berkarier di kompetisi basket ini, dengan melanjutkan tugas yang sebelumnya, yaitu dalam perkembangan pemain.

Duncan sempat bertugas sebagai pelatih kepala dalam kemenangan pada bulan Maret lalu atas Charlotte Hornets ketika dia mengisi ketiadaan Popovich, namun ia tidak ikut melatih lagi saat musim dimulai kembali di Orlando, selepas penangguhan akibat pandemi COVID-19.

Setahun yang lalu, Popovich memercayakan Tim Duncan untuk ikut dalam staf kepelatihannya di tim San Antonio Spurs. Predikatnya sebagai seorang legenda klub, membuatnya dipercaya sebagai asisten pelatih.

Kendati demikian, setelah merasakan pekerjaan ini selama semusim, Duncan nampaknya tidak merasa nyaman dengan perannya, selagi Popovich juga mengatakan bahwa sang legenda bukanlah tipikal mantan pemain yang cocok melatih.

Ketika mengisi ketiadaan Popovich pada laga kontra Hornets tanggal 3 Maret 2020 silam, Duncan berhasil mengantarkan Spurs menang dengan skor tipis 103-102 dan ia mengutarakan ketidaknyamanannya sebagai pimpinan di pinggir lapangan.

"Sangat berbeda duduk di kursi ini. Saya justru meminta asisten pelatih lain untuk membuat strategi. Saya hanya meneriaki pemain saja, dan saya akan menyerahkan tugas ini kembali kepada Popovich dengan senang hati," katanya dilansir dari laman resmi NBA..

Duncan sendiri nampak lebih fokus dalam urusan hobinya di dunia otomatif. Ia bahkan sudah memiliki sebuah toko bernama BlackJack Speed Shop sejak tahun 2013 silam.

Tim Duncan adalah sosok legendaris untuk San Antonio Spurs, yang telah dibelanya sejak tahun 1997 hingga pensiun pada 2016 silam.

Ia pernah merasakan gelar juara NBA pada lima kali kesempatan, yaitu pada 1999, 2003, 2005, 2007, dan 2014, dengan merebut gelar MVP pada tahun 2002 dan 2003.

Selain memberikannya kehormatan untuk menjadi asisten pelatih, Spurs juga memensiunkan nomor punggung 21 sebagai bentuk perhomatan kepada Duncan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%