In-depth

Apa Kabar Derek Fisher, Tandem Favorit Kobe Bryant di LA Lakers?

Senin, 30 November 2020 15:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© gettyimages
Derek Fisher, mantan pemain LA Lakers. Copyright: © gettyimages
Derek Fisher, mantan pemain LA Lakers.

INDOSPORT.COM – Para pencinta olahraga basket khususnya NBA mungkin tak asing dengan nama legenda Los Angeles Lakers, Derek Fisher. Mendiang Kobe Bryant, pernah menyebut Fisher sebagai rekan favoritnya di Lakers.

Kobe dan Fisher sama-sama datang di Lakers sebagai rookie 24 tahun yang lalu. Saat itu, Fisher berstatus pilihan Lakers yang ke-24 di angkatan 1996. Sejak itu, kedua pemain ini menjadi sahabat erat di dalam dan luar lapangan.

Selama 12 tahun bersama Lakers dalam dua periode, Fisher menjadi juara NBA sebanyak lima kali, yakni pada 2000–2002, 2009, 2010. Menariknya, Kobe Bryant tak bisa membawa timnya menjadi juara NBA ketika tak bermain bersama Derek Fisher.

Di musim 2004, Fisher menandatangani kontrak bersama Golden State Warriors sebelum di-trade ke Utah Jazz. Namun pada 2007, ia minta dikeluarkan dari kontrak karena ingin fokus merawat sang putri yang sakit. Kemudian ia kembali ke Lakers dan meraih dua gelar NBA bersama Kobe dan Phil Jackson.

Salah satu pemain top di masanya, Fisher juga mencatat penampilan terbanyak di playoff NBA, sebelum rekor ini dipecahkan LeBron James di musim 2020 lalu.

Fisher juga dikenal dengan penampilan yang menjadi salah satu momen terbaik di sejarah playoff NBA, yakni tembakan 0,4. Di Game 5 Semifinal Konferensi Wilayah Barat antara Lakers dan juara bertahan San Antonio Spurs, Fisher membawa Lakers menang 74-73 ketika timnya tertinggal satu poin dengan waktu 0,4 detik tersisa.

Selepas bermain untuk Lakers, point guard berjulukan D-Fish ini juga pernah mengabdi di tim Oklahoma City Thunder dan Dallas Mavericks.

Musim 2013/14 menjadi musim terakhir Derek Fisher sebagai pemain ketika kembali gabung Thunder. Saat itu, ia membantu Thunder mencapai Final Konferensi Wilayah Barat sebelum takluk di tangan San Antonio Spurs.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%