Mengenal Sosok Aleksandar Stefanovski, Pelatih Baru Bali United Asal Makedonia

Sabtu, 19 Desember 2020 12:51 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bali United
Pelatih Bali United Basketball, Aleksandar Stefanovski saat jumpa pers online. Copyright: © Bali United
Pelatih Bali United Basketball, Aleksandar Stefanovski saat jumpa pers online.

INDOSPORT.COM - Tim basket Bali United resmi diperkenalkan pada Jumat (18/12/20). Pada musim perdana di Indonesia Basketball League (IBL) 2021, Bali United akan dibesut pelatih asal Makedonia, Aleksandar Stefanovski. Siapakah dia?

Aleks baru pertama kali berkarier di Indonesia. Dia merupakan lulusan Belgrade Coach Academy yang sudah mengantongi lisensi kepelatihan FIBA dari federasi bola basket Makedonia. Dari catatan Impact Basketball Academy, gaya melatihnya banyak dipengaruhi pelatih legendaris asal Serbia, Zeljko Obradovic.

Sebelum menerima pinangan Bali United, Aleks mengawali karier sebagai asisten pelatih T-Basket, Tetovo, Makedonia Utara mulai 2011-2015.

Setelah itu, pada periode 2015-2018, Aleks menjadi pelatih basket tim junior putra dan putri di beberapa sekolah internasional. Mulai dari French International School, Independent Foundation School, Canadian International School, Australian International School, Korean International School dan Hongkong International School.

Pada level ini, Aleks pernah mengantarkan tim putri Independent Foundation School U-14 menjuarai Division 2, ISSFHK 2015/2016 dan 2016/2017. Bersama Hongkong International School U-14, Aleks juga pernah meraih gelar musim 2019.

Aleks pernah membesut tim Winling Basketball Club yang berkompetisi di Hongkong Top Division 2019-2020. Bersama Winling, Aleks mengakhiri musim dengan bertengger di peringkat ketiga musim 2019.

Bali United akan menjadi tantangan baru bagi perjalanan karier Aleks. Dia hanya punya waktu sekitar sebulan untuk menyiapkan tim menuju IBL 2021 yang dimulai 15 Januari mendatang. Di Bali United, Aleks akan dibantu dua asisten pelatih, IGN Rusta Wijaya dan IGN Teguh Putra Negara.

Meski Bali United berstatus tim baru, Aleks tak ingin timnya sekadar numpang lewat. Dia melihat roster Bali United memiliki kualitas. Termasuk juga para rookie yang kerja keras dalam latihan. Aleks akan berupaya menghadirkan prestasi di tahun perdananya.

"Saya sangat senang dapat bergabung dengan Bali United Basketball Club. Kita tahu Bali United adalah tim sepak bola dengan suporter yang fanatik, namun kini mereka juga memiliki tim basket. Saya sangat bangga jadi bagian dari Bali United," ucap Aleks, Jumat (18/12/20).

"Ini adalah tim baru yang bermain di kasta tertinggi basket nasional. Tentu menjadi sebuah tantangan untuk saya sebagai pelatih mempersatukan visi dan misi bermain tim ini. Tapi target saya ingin membawa tim ini menjadi yang terbaik di kompetisi yang akan datang," lanjutnya.

Meski Aleks memasang target juara, manajemen Bali United sadar bahwa prestasi butuh proses. Seperti halnya yang terjadi di sepak bola. Presiden Bali United Basketball Club, Philmon Tanuri yakin timnya akan terus tumbuh menjadi kekuatan baru.

"Seperti yang coach katakan, kami ingin membawa bangga nama Bali di IBL. Kami tahu dari pengalaman sepak bola, tidak ada yang instan di dunia olahraga. Kami yakin dengan jajaran ofisial, manajemen, pelatih dan pemain, bahwa kita bisa 'make some noise' di liga. Jadi semoga kita bisa bisa masuk playoff dan lebih dari itu," tutur Philmon.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%