IBL 2021 Tanpa Pemain Asing, Ini Tanggapan Prawira Bandung

Sabtu, 19 Desember 2020 10:28 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Officer Prawira Bandung
Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwandi (kedua dari kiri) bersama pemainnya. Copyright: © Media Officer Prawira Bandung
Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwandi (kedua dari kiri) bersama pemainnya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi, memberikan tanggapan mengenai tidak adanya pemain asing pada Indonesian Basketball League (IBL) 2021.

Menurut Andre, pihaknya tidak mempermasalahkan hal tersebut, lantaran kondisi yang belum memungkinkan di tengah pandemi corona atau covid-19. Selain itu, tidak mudah bagi tim mendatangkan pemain asing di tengah kondisi seperti ini.

Sebagai informasi, Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengatakan pada IBL 2021 tidak ada pemain asing yang bermain. Hal ini dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia sehingga kesulitan untuk tim mendatangkan pemain asing.

"Yang pasti yang kita tahu, kita menjalani liga di masa pandemi, misalnya dengan pemain asing tentunya tidak mudah buat klub dapatkan pemain asing, tanggung jawab. Ditambah lagi, nanti kompetisinya cukup singkat kurang lebih dua bulan lebih sudah selesai," kata Andre.

Andre menambahkan, tidak adanya pemain asing pada IBL 2021 memang menjadi tantangan tersendiri. Meski begitu, pihaknya mengambil sisi positif dengan aturan tersebut.

Karena dengan begitu, IBL 2021 menjadi momen bagi pemain lokal untuk menampilkan permainan terbaiknya dan Prawira Bandung siap untuk bersaing serta meraih prestasi di kompetisi musim 2021.

"Jadi dengan tidak adanya pemain asing buat saya satu menjadi tantangan baru. Waktunya kita sebagai tim Prawira Bandung, sebagai tim menunjukkan kita punya pemain lokal bisa bersaing dan menjadi salah satu yang terbaik," tegasnya.

Selain pelatih, pemain Prawira Bandung, Diftha Pratama, juga mengambil sisi positif dari tidak adanya pemain asing pada IBL 2021. Menurut, dengan aturan tersebut diharapkan membuat motivasi pemain lokal semakin berlipat untuk menunjukkan kualitasnya.

"Gak ada pemain asing ya otomatis, lokalannya akan lebih terlihat permainannya. Saya harap sih semua pemain lokal yang ada di liga bisa perform dengan penampilan terbaiknya, dengan gak adanya pemain asing, peluang buat kita pemain lokal," ucap Diftha.

Sementara itu, untuk persiapan IBL 2021 yang akan bergulir pada 15 Januari 2015, Prawira Bandung mendatangkan pemain anyar diantaranya pemain Tim Nasional Basket Indonesia, Abraham Damar Grahita dan merekrut dua Rookie, Teemo serta Yudha Saputra.