Pemain Naturalisasi Bisa Main di IBL, Ini Kata Pelatih Prawira Bandung

Sabtu, 26 Desember 2020 09:19 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi, buka suara soal keputusan pemain naturalisasi bisa tampil di IBL 2021. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi, buka suara soal keputusan pemain naturalisasi bisa tampil di IBL 2021.

INDOSPORT.COM - Pelatih Prawira Bandung, Andre Yuwadi, menanggapi keputusan mengenai pemain naturalisasi yang bisa tampil di Kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2021.

Sebagai informasi, sebelumnya setelah dilakukan pengambilan suara, pada 15 Desember 2020, mayoritas klub memilih penggunaan pemain naturalisasi dimulai pada musim 2022 dan menolak memasukkan pemain naturalisasai di IBL 2021. 

Namun, berlandaskan kepentingan bersama baik dari sisi klub maupun pemain, pada Minggu (20/12/20) IBL dengan tetap tidak mengubah peraturan pelaksanaan yang ada, memberikan hak kesempatan untuk merekrut pemain lokal naturalisasi pada musim 2021.

Menurut Andre, diperbolehkannya pemain naturalisasi bermain di IBL 2021 kurang tepat. Karena beberapa alasan, salah satunya jumlah pemain naturalisasi yang ada saat ini sangat terbatas.

"Sebenarnya kalau menurut saya pribadi, untuk waktu yang sekarang ini kurang tepat untuk menggunakan permainan naturalisasi. Mengingat menurut saya, satu ketersediaan pemain naturalisasi itu gak banyak," kata Andre.

"Sedangkan tim yang akan menggunakan itu tentunyakan harus benar-benar harus bisa dipilih, tim mana yang harus bisa menggunakan pemain naturalisasi itu," ucapnya.

Andre menuturkan, ketersediaan pemain naturalisasi yang terbatas akan membuat mayoritas klub tidak akan memiliki pemain naturalisasi saat IBL 2021 digelar.

"Sedangkan sekarang yang kita tahu pemain naturalisasi itu cuma ada dua yang available, dengan waktu yang sekarang. Tapi kita di IBL punya 11 tim jadi akan sangat sulit, ketika bisa dikatakan bisa menjadi rata kemungkinan-kemungkinan setiap tim mendapatkan pemain naturalisasi," jelasnya.

Sementara itu, saat ini Prawira Bandung sudah menggelar persiapan untuk menghadapi IBL 2021 yang akan bergulir pada 15 Januari 2021, dengan menjalankan program latihan.

Selain itu, Prawira Bandung juga mendatangkan beberapa pemain anyar di antaranya pemain Tim Nasional Basket Indonesia, Abraham Damar Grahita dan merekrut dua rookie, Teemo serta Yudha Saputra.

Prawira Bandung, akan berusaha semaksimal mungkin untuk menampilkan permainan terbaiknya pada IBL 2021, agar target meraih prestasi pada musim 2021 bisa tercapai.