NBA Terapkan Format Play-In Tournament, Ini Detail Formatnya

Sabtu, 8 Mei 2021 17:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© The Fine Line
Logo NBA. Copyright: © The Fine Line
Logo NBA.

INDOSPOT.COM – NBA akan menerapkan format Play-In Tournament untuk menentukan unggulan ke-7 dan ke-8  pada musim 2020-21. Berikut ini cara kerja formatnya.

Sebelumnya, pada November 2020, NBA telah mengumumkan bahwa musim 2020-2021 yang dimulai sejak 22 Desember tahun lalu akan diperkenalkan format Play-In Tournament.

Format Play-In Tournament ini diadakan untuk memperebutkan posisi ke-7 dan ke-8 pada masing-masing konferensi. Turnamen ini diperuntukkan bagi tim yang menduduki posisi 7 hingga 10 dari masing-masing konferensi.

Dilansir dari The Sportrush, tim di setiap konferensi yang menempati peringkat 1 sampai 6 akan secara otomatis loloske babak Playoff. Namun, tim yang mencapaiperingkat  7 hingga 10 akan memasuki babak play-in.

Di babak play-in tournament ini, peringkat 7 akan menjadi tuan rumah bagi peringkat 8, keduanya perlu menang sekali untuk mendapatkan tiket playoff pada urutan ke-7.

Lalu peringkat ke-9 akan menjamu peringkat 10 untuk memperebutkan tiket playoff posisi ke-8. Bedanya, peringkat 9 dan 10 harus menang dua kali berturut-turut untuk bisa mengamankan slot terakhir playoff.

Sesuai dengan jadwal resmi yang dirilis NBA sebelumnya, play-in tournament ini akan digelar pada 18-22 Mei. Sedangkan, babak playoff dimulai sehari setelahnya, yakni tanggal 23 Mei.

Keputusan NBA menerapkan format play-in tournament ini datang setelah gelaran musim NBA 2019-2020 terganggu akibat pandemi COVID-19 dan penangguhan permainan NBA berikutnya.

Demi meningkatkan minat untuk permainan seedings di Bubble dan Playoffs 2020, NBA pun memutuskan untuk memperkenalkan format yang mirip dengan play-in tournament.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%