FIBA 3x3 U-23 World Cup Batal, TC Timnas Basket Putri Dihentikan

Minggu, 29 Agustus 2021 09:17 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© PP Perbasi
Timnas Basket Putri Indonesia 3x3 di GOR Cahaya Lestari Surabaya. Copyright: © PP Perbasi
Timnas Basket Putri Indonesia 3x3 di GOR Cahaya Lestari Surabaya.

INDOSPORT.COM - Training center Timnas Bola Basket Puteri 3x3 Indonesia U-23 di GOR Citra Lestari Surabaya mendadak dihentikan. Semua pemain yang dipersiapkan untuk terjun di FIBA 3x3 U-23 World Cup 2021 sejak 18 Agustus lalu itu pun kemudian dipulangkan ke daerah masing-masing setelah dipastikan kejuaraan yang akan diikuti batal digelar. 

Kepastian batalnya pelaksanaan FIBA 3x3 U-23 World Cup 2021 yang rencananya dilaksanakan pada 11-15 Oktober di Mongolia itu setelah PP Perbasi menerima surat pemberitahuan dari FIBA.  Surat itu tertanggal 27 Agustus dan ditanda tangani oleh FIBA 3x3 Development Manager, Robert Rieblinger.

Penanggung Jawab Timnas Bola Basket Puteri 3x3 Indonesia Christopher Tanuwidjaja mengaku menyayangkan pembatalan ini. Sebab, persiapan timnas di masa pandemi Covid 19 tidak sedikit. Ketaatan pada protokol kesehatan membuat biaya training center lebih besar ketimbang persiapan di masa normal. 

"TC akan diberhentikan, para pemain dipulangkan lagi ke daerah asalnya. Kerugian pasti ada, secara kami sudah menjalankan TC serta mengikuti semua prokes ketat seperti yang kita ketahui biayanya tinggi," terang Itop, panggilan karib Christopher Tanuwidjaja ini.

Dalam surat yang dikirim FIBA, pembatalan pelaksanaan FIBA 3x3 U-23 World Cup 2021 karena masalah Covid 19.  Penyebaran virus asal Cina itu masih tinggi. Situasi itu tidak menutup kemungkinan berimbas pada kebijakan dalam penerbangan yang membuat kurang nyamannya penerbangan bagi 300 lebih peserta di ajang ini.

Itop berusaha lapang dada atas situasi ini.  Dia berpikir positif dan memilih fokus menatap kejuaraan berikutnya. Kebetulan, pada November nanti ada FIBA Women's Asia Cup 2021. Hanya, ini kejuaraan untuk 5v5. 

"Tapi tidak masalah, kita saat ini akan mulai fokus saja ke event selanjutnya di bulan November 2021. FIBA Women’s Asia Cup 2021. Ini untuk 5v5 di Amman, Yordania. Kami masih berkoordinasi dengan PP Perbasi untuk waktu pelaksanaan TC yang tepat," jelasnya.