Pede Maksimal, Timnas Basket Putri Siap Promosi ke Divisi A FIBA Women's Cup

Kamis, 28 Oktober 2021 21:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas basket putri Indonesia siap tempur di FIBA Women's Asia Cup 2021 Divisi B di Amman, Yordania, pada 7-13 November nanti. Kekuatan Pasukan Merah Putih sudah hampir terkumpul 100 persen setelah berlatih selama dua bulan di Surabaya sejak 6 September lalu. 

Kepercayaan diri timnas basket putri Indonesia bukannya tanpa alasan. Bahkan mereka yakin bisa mewujudkan target promosi ke Divisi A.

"Persiapan sudah hampir 100 persen. Selama persiapan kami melakukan lima kali sparring partner. Lawan kami CLS KU-23 dan BBM CLS Knight," terang asisten pelatih timnas basket putri, July Wong. 

Persiapan lama tersebut telah menghasilkan skuat yang diklaim bisa bersaing di ajang tersebut. Sebanyak 12 roster sudah dipilih pelatih Lin Chi Wen. 

Mereka adalah Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Agustin Elya Gradita Retong, Kadek Pratita Citta Dewi, Priscilla Annabel Karen, dan Sumiati.

Kemudian ada Yuni Anggraeni, Mega Nanda Perdana Putri, Nathania claresta Orville, Gabriel Sophia, Henny sutjiono, Kimberley Pierre Louis, dan Angelica Jennifer Candra. 

Sedangkan pemain yang tidak diboyong ke Jordania seperti Felichia Huang Alvira, Aimee Tampu Francienne, Jovita Elizabeth Simon, Natasya Amelia, dan Annisa Widyarni. Nama terakhir ditinggal karena alami cedera lutut.

"Semua ini adalah rooster terbaik pilihan coach. Kami sudah siap bersaing," terang Coach July.

FIBA Women's Asia Cup 2021 terbagi ke dalam dua grup. Grup A ada Lebanon, Syria, dan Iran, sementara Indonesia berada segrup dengan Kazakhstan dan tuan rumah Yordania di Grup B. 

Para Srikandi itu akan berjuang di penyisihan Grup B mulai melawan runner up Divisi B 2017 Kazakhstan pada 7 November. Sehari kemudian jumpa Jordania. 

Juara di masing-masing grup langsung ke semifinal. Kemudian peringkat dua dan tiga akan saling sikat untuk  memperebutkan dua tiket sisa ke semifinal. Juara di Divisi B akan naik kasta ke Divisi A. Divisi A baru saja menyelesaikan pertarungan dengan menahbiskan Jepang sebagai juara.