5 Pebasket Termuda Sepanjang Sejarah yang Cetak Triple-Double di NBA

Minggu, 17 Oktober 2021 16:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Image
LeBron James, small forward Cleveland Cavaliers. Copyright: © Getty Image
LeBron James, small forward Cleveland Cavaliers.

INDOSPORT.COM – Mencetak Triple-Double di kompetisi sekelas NBA bukanlah perkara mudah. Namun beberapa pebasket pernah melakukannya saat usianya masih muda.

Triple-Double adalah suatu catatan istimewa di dunia basket. Catatan ini di berikan bila mana seorang pebasket membukukan dua digit atau 10 poin lebih untuk kategori statistik yang tercatat dalam pertandingan.

Biasanya, Triple-Double identik dengan poin, rebound, steal, blok dan assist. Jika seorang pebasket mampu mencetak dua digit poin dalam tiga kategori tersebut, maka pemain tersebut akan mencetak Triple-Double.

Melihat kompetitifnya NBA, tak mudah bagi pemain melakukannya dalam satu pertandingan. Tapi bukan berarti hal ini jarang terjadi dalam suatu laga.

Selain Triple-Double, ada pula Double-Double. Bedanya, seorang pebasket NBA hanya harus mencetak dua digit poin dalam lima kategori tersebut.

Double-Double biasanya lebih mudah didapatkan oleh pebasket ketimbang Triple-Double. Itulah mengapa, Triple-Double menjadi suatu catatan istimewa.

Meski sulit didapatkan, nyatanya ada sederet pebasket yang bisa mencetak Triple-Double dalam satu laga di usia muda. Lantas, siapa saja pemain itu?

5. LeBron James

Tak ada yang meragukan kualitas seorang LeBron James di dunia basket. Bahkan, penggawa LA Lakers in mampu menorehkan 99 Triple-Double sepanjang kariernya dan membuatnya duduk di peringkat kelima pebasket NBA yang paling banyak mendapat Triple-Double.

Dari 99 kali catatan itu ia buat, LeBron James pertama kali mencetak Triple-Double di usia muda, yakni 20 tahun 20 hari saat Cleveland Cavaliers menghadapi Portland Trail Blazers pada 19 Januari 2005 di mana ia mencetak 27 poin, 11 rebound, dan 10 assist.