Gencarkan Inovasi, Indonesian Basketball League Lahirkan Produk IBL NFT

Sabtu, 30 Oktober 2021 21:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© IBL
Indonesian Basketball League (IBL) secara resmi bekerja sama dengan membuat produk NFT (Non-Fungible Token) sebagai merchandise teranyar. Copyright: © IBL
Indonesian Basketball League (IBL) secara resmi bekerja sama dengan membuat produk NFT (Non-Fungible Token) sebagai merchandise teranyar.

INDOSPORT.COM - Momentum Sumpah Pemuda yang baru saja berlalu rupanya melahirkan gebrakan baru di industri olahraga di Indonesia. Indonesian Basketball League (IBL) secara resmi bekerja sama dengan membuat produk NFT (Non-Fungible Token) sebagai merchandise teranyar. 

Direktur Utama IBL, Junas Miradiarsyah, mengatakan IBL NFT yang dikembangkan, semuanya terkait momen terbaik di liga basket tertinggi di Indonesia tersebut. 

NFT adalah cara mendekatkan penggemar, IBL, dan atletnya. Peluncuran produk ini juga akan semakin memperluas pangsa pasar IBL di Tanah Air. 

"Bagi IBL, kami selain menghadirkan pertandingan kemudian hiburan bagi para IBL fans pecinta basket, kami ingin penggemar dan pemain itu bisa lebih menyatu, kemudian secara emosional lebih dekat," ucap Junas.

"Caranya apa, mereka tak hanya bisa menikmati tapi juga bisa mengoleksi sebuah produk yang nantinya menjadi sesuatu momentum penting oleh fans sehingga ke depan menjadi sebuah value yang semakin besar," imbuhnya. 

"Di situlah kita melihat ini NFT menjadi momentum bagi IBL dan bagi masyarakat bola basket, mengadaptasi ini menjadi sesuatu yang lebih besar lagi," sambung Junas. 
 
IBL NFT adalah produk kerja sama dengan Kolektibel.com, yang merupakan expert di bidang blockchain. Ini membuka gerbang inovasi lebih besar lagi di masa mendatang untuk bola basket Indonesia. 

"Kami lihat bahwa Kolektibel.com ini punya latar belakang sangat baik. Kemudian tim dan tentunya kerja samanya sangat baik," ungkap Junas. 

Junas memastikan peluncuran IBL NFT memberi dampak positif bagi pemain IBL itu sendiri. Sebab, dengan ada IBL NFT yang berisi aksi dari pemain tersebut, maka mereka punya nilai lebih secara individu. 

"Bagi para atlet sendiri, inovasi yang kami harapkan bisa memberikan nilai tambah kepada mereka. Kami bisa memberikan mereka wadah sebagai atlet di lapangan, tetapi juga mewadahi di platform yang lain. Sehingga mereka sebagai individu memiliki value lebih besar lagi," sebut Junas. 

Sementara itu, CEO Kolektibel.com, Pungkas Riandika, menjelaskan momen yang dibuat berupa cuplikan aksi terbaik para pemain IBL di musim 2021. Seluruh aksi yang tersedia di IBL NFT sudah disortir di bagian terbaik.

"Seluruh video dokumentasi pertandingan dikurasi secara cermat sesuai momentum penting dalam pertandingan. Shortlist momen itu lalu dikemas ulang secara visual dan didaftarkan ke dalam blockchain smart contract, ini yang membuat setiap aset itu tercatat data sejarah kepemilikannya," ujar Pungkas.