Tingkatkan Kualitas, Perbasi Siap Kirim Timnas Indonesia ke Amerika Serikat

Rabu, 3 November 2021 21:25 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Perbasi akan mengirim Timnas Basket putra berlstih di Loas Angeles Amerika Serikat. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Perbasi akan mengirim Timnas Basket putra berlstih di Loas Angeles Amerika Serikat.

INDOSPORT.COM - Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) fokus dalam meningkatkan kualitas seluruh lini timnas basket Indonesia. Bahkan salah satu kegiatannya adalah mengirim mereka berlatih di Los Angeles, Amerika Serikat.

PP Perbasi ingin fokus pada program timnas di semua sektor. Timnas basket putra senior akan berjuang di Kualifikasi FIBA World Cup 2023. 

Lalu timnas putri berlaga di FIBA Women’s Asia Cup 2021. Sedangkan di sektor usia muda, PP Perbasi sedang membentuk Timnas Elite Muda yang baru. Mereka disiapkan untuk mengikuti IBL 2022.

Ketua Umum PP PERBASI Danny Kosasih menegaskan, semua pihak harus total dalam berjuang demi Merah Putih. Ekspektasi tinggi itu diapungkan, karena Indonesia akan menjadi tuan rumah FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina. 

"Dengan banyaknya stok pemain Indonesia yang berkualitas, diharapkan bisa berimbas pada naiknya kualitas timnas," terangnya, di Jakarta, Rabu, 3 November 2021. 

Dalam menapaki rute ke FIBA World Cup 2023 melalui jalur kualifikasi, timnas Indonesia senior putra akan menghadapi jendela (window) pertama di Lebanon. Pertandingan akan dilaksanakan pada 26 dan 29 November, menghadapi Lebanon. 

Menghadapi jendela pertama ini, PP Perbasi akan mengirim timnas putra ke Amerika Serikat. Rencananya tim asuhan Rajko Toroman akan bertolak ke Amerika Serikat pada 6 November 2021. 

"Kami akan berangkat ke Los Angeles pada 6 November 2021 dengan 10 pemain lokal ditambah Lester Prosper juga Brandon Jawato menyusul," terang manajer Maulana Fareza Tamrella.

Selama di sana kami merencanakan empat kali uji coba dengan empat tim yang kualitasnya di atas kami agar kami bisa lebih banyak belajar. Pada 22 November langsung bertolak ke Lebanon menjalani game window pertama Kualifikasi FIBA World Cup 2023," cetusnya.