Kartika Siti Aminah, Srikandi IBL 2022 yang Bikin Klub Raffi Ahmad Bertekuk Lutut

Rabu, 2 Februari 2022 16:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© iblindonesia
Kartika Siti Aminah, pelatih DNA Bima Perkasa Jogja yang jadi sorotan di IBL 2022 Copyright: © iblindonesia
Kartika Siti Aminah, pelatih DNA Bima Perkasa Jogja yang jadi sorotan di IBL 2022

INDOSPORT.COM – Kartika Siti Aminah merupakan srikandi pertama dalam sejarah bola basket Indonesia. Sosoknya jadi sorotan usai membuat klub Raffi Ahmad, RANS PIK Basketball bertekuk lutut di ajang IBL 2022.

Kartika Siti Aminah resmi dipercaya menangani klub basket asal Yogyakarta, DNA Bima Perkasa Jogja, sebagai pelatih setelah mereka melepas pelatih Dean Murray.

Dean Murray, pelatih asal itu diberhentikan dari jabatannya menyusul hasil buruk DNA Bima Perkasa pada seri pertama Liga Bola Basket Indonesia atau basket IBL 2022 di Jakarta.

Di seri pertama, Bima Perkasa harus menelan kekalahan dari Dewa United Surabaya, Evos Thunder Bogor, Amartha Hangtuah Jakarta dan Bali United Basketball.

Kartika, yang sempat menjadi asisten pelatih David Singleton bersama Bima Perkasa pada musim lalu, dipilih untuk menangani tim setelah melewati banyak pertimbangan.

Sosok berjilbab itu pun langsung menjadi sorotan karena dia menjadi wanita pertama yang menjadi pelatih kepala sebuah tim peserta liga bola basket tertingi di Indonesia, IBL 2022.

Kartika Siti Aminah langsung menjalankan tugasnya mulai Seri II yang digelar di C-Tra Arena Bandung sejak 30 Januari kemarin.

Sayang dalam debutnya, wanita yang akrab disapa Tika ini gagal membawa Bima Perkasa menang usai ditekuk Prawira Bandung dengan skor 53-75.

Namun Tika tak patah semangat di dalam menjalankan tugasnya di Bima Perkasa. Dia kembali mencatat sejarah dengan membawa Bima Perkasa meraih kemenangan atas RANS PIK pada Selasa (01/02/22).

Meski Bima Perkasa menang dengan skor tipis 53-57, namun ini menjadikan Tika sebagai pelatih wanita pertama yang meraih kemenangan pada liga professional putra.