Termasuk Stephen Curry, Ini 5 Point Guard Terbaik Sepanjang Masa NBA

Senin, 2 Mei 2022 12:59 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mike Stobe/Getty Images
Dari banyaknya pemain basket NBA di posisi point guard, ternyata ada 5 orang yang layak diberi predikat terbaik sepanjang masa. Copyright: © Mike Stobe/Getty Images
Dari banyaknya pemain basket NBA di posisi point guard, ternyata ada 5 orang yang layak diberi predikat terbaik sepanjang masa.

INDOSPORT.COM - Dari banyaknya pemain basket NBA di posisi point guard, ternyata ada 5 orang yang layak diberi predikat terbaik sepanjang masa.

Dalam permainan sepak bola, setiap pemain yang ada dalam tim memiliki posisi yang berbeda-beda. Ada yang menjadi kiper, bek, gelandang, dan juga penyerang.

Hal serupa juga ada dalam permainan olahraga basket. Dalam satu tim yang terdiri dari lima orang terdapat pemain yang juga memiliki lima posisi berbeda.

Setiap posisi dalam permainan basket tentunya memiliki kriteria dan juga tugas yang berbeda-beda baik saat melakukan serangan maupun dalam kondisi bertahan.

Kelima posisi dalam permainan basket itu antara lain center, small forward, power forward, shooting guard dan juga point guard. Dalam artikel ini sendiri posisi point guard yang menjadi fokus utama.

Kerap disebut pemain nomor 1 karena posisinya yang kerap berada di luar garis parimeter, seorang shooting guard bisa dibilang otak dari permainan tim.

Pemain di posisi ini wajib memiliki kemampuan membaca dan mengatur tempo permainan basket yang bisa dibilang sangat cepat.

Oleh karena itu point guard harus memiliki kemampuan dribling dan handling di atas rata-rata. Ia juga harus jeli membaca strategi lawan agar sulit mencetak angka.

Seorang point guard dalam sebuah pertandingan biasanya akan mencatatkan jumlah passing terbanyak, lantaran memang kemampuan vision court (pengawasan) yang harus dimiliki mewajibkan mereka menemukan celah kosong.

Dengan tugas-tugas tersebut, pemain di posisi point guard biasanya berpostur tidak lebih tinggi dari pemain lain dalam timnya.

Di NBA sendiri pemain yang berada di posisi ini memiliki tinggi rata-rata 180-193 cm, membuat mereka biasanya jadi yang paling pendek di antara pemain lain.

Meskipun pendek, hal itu justru memberi keuntungan bagi seorang point guard karena gerakannya menjadi lebih gesit.

Kondisi tersebut juga membuat point guard lebih mudah melakukan steal (mencuri) bola dari tangan lawan.

Sepanjang bergulirnya kompetisi NBA, sudah banyak bermunculan pemain-pemain yang menempati posisi point guard.

Namun, hanya beberapa di antara mereka yang layak disebut terbaik.Berikut tersaji lima pemain posisi point guard terbaik sepanjang sejarah NBA versi redaksi berita olahraga INDOSPORT.