In-depth

Eks Pebasket Ali Budimansyah Ungkap Penyebab Timnas Basket 3x3 Gagal Pertahankan Medali di SEA Games

Jumat, 17 Juni 2022 21:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ali Budimansyah mengungkapkan penyebab Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia gagal mempertahankan medali perak pada kejuaraan SEA Games 2021 di Filipina. Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT Copyright: © Ammara Marthiara/INDOSPORT
Ali Budimansyah mengungkapkan penyebab Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia gagal mempertahankan medali perak pada kejuaraan SEA Games 2021 di Filipina. Foto: Ammara Marthiara/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Mantan pebasket Ali Budimansyah mengungkapkan penyebab Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia gagal mempertahankan medali perak pada kejuaraan SEA Games 2021 di Filipina.

Sekedar informasi, sebelumnya Timnas Basket 3x3 putra Indonesia pernah meraih medali perak di kejuaraan SEA Games 2019 yang kala itu berlangsung di Filipina.

Namun sayangnya, kali ini Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia harus pulang dengan tangan hampa usai melakoni kejuaraan SEA Games 2021 di Vietnam bulan lalu. 

Ali Budimansyah, legenda pebasket Tanah Air yang juga menjadi pelatih Timnas Basket 3x3 Putra Indonesia, secara eksklusif menerangkan kepada tim INDOSPORT bahwa penyebab anak asuhnya gagal mempertahankan medali perak dikarenakan kurangnya persiapan yang matang.

“Yang pasti kunci utamanya memang preparation. Kalau kita flashback di perhelatan SEA Games 2019 lalu, untuk persiapan tim putra waktunya 4 bulan dengan try out dan try in sesuai dengan yang kita mau,” jelas Ali Budimansyah, saat ditemui awak INDOSPORT di bilangan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (15/06/22). 

“Sedangkan di SEA Games 2021 Vietnam kemarin, tim putra persiapannya hanya dua bulan. Jadi memang kurang persiapannya,” lanjut pria yang juga akrab disapa Ali Jordan itu.

Disamping itu, Ali Budimansyah juga menambahkan bahwa lemahnya ekosistem cabang olahraga basket di Indonesia usai diterjang pandemi Covid-19 bisa dibilang menjadi alasan lain Timnas Basket 3x3 Putra gagal meraih juara di ajang SEA Games kali ini. 

Imbas Covid-19 yang melanda sebagian besar dunia termasuk Indonesia selama kurang lebih dua tahun, membuat ekosistem dan beberapa kompetisi basket lumpuh untuk sementara waktu.