Dibekuk China di FIBA Asia Cup dan Gagal ke Piala Dunia, Pelatih Timnas Basket Indonesia Sadar Diri

Selasa, 19 Juli 2022 06:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© fiba.basketball
Skuat Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball Copyright: © fiba.basketball
Skuat Timnas Basket Indonesia. Foto: fiba.basketball

INDOSPORT.COM – Pelatih timnas basket Indonesia, Milos Pejic mengaku sejak awal sudah sadar diri, usai tim Garuda takluk dari China di babak play off FIBA Asia Cup 2022, Senin (18/7/22).

Sebagaimana diketahui Timnas basket Indonesia harus menelan kenyataan pahit gagal meraih tiket Piala Dunia FIBA World Cup 2023 karena takluk atas tim kuat China di laga yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno (GBK).

Skuad Merah-Putih kalah telak dengan skor akhir 58-108 atas China di pertandingan playoff FIBA Asia Cup 2022.

Skuad Garuda memang menurunkan kekuatan penuh, di mana sejumlah pemain andalannya tampil dan ditunjuk sebagai starter oleh pelatih Milos Pejic.

Salah satunya menjadikan duet Marques Bolden, Andakara Prastawa, Derrick Michael, Abraham Damar Grahita dkk sejak babak awal.

Namun sayangnya, timnas Indonesia sejak awal tak mampu membendung kekuatan Negeri Tirai Bambu karena tertinggal dengan skor 11-29 dari China di kuarter pertama.

Permainan ciamik yang ditunjukkan oleh Zhao Rui dkk membuat Indonesia sulit membendung serangan dari lawan di kuarter keempat. Pemain China pun beberapa kali mampu mencetak tiga poin, margin pun makin besar.

Hingga akhirnya Timnas Basket Indonesia pun gugur dengan skor jauh yakni 58-108 atas China di babak play off FIBA Asia Cup 2022.

Kekalahan ini juga mengakhiri perjuangannya untuk menembus babak perempat final FIBA Asia Cup 2022. Selain itu, Indonesia juga memupuskan harapannya untuk tampil di ajang Piala unia FIBA World Cup 2023 yang juga dihelat di Jakarta, Indonesia.

Milos Pejic selaku sang pelatih mengaku pihaknya sadar diri dan karena secara kualitas permainan Indonesia belum mampu bersaing di level dunia.