Indonesia Pride! Abraham Damar Grahita Resmi Gabung Klub Basket Jepang, Netizen Auto Bangga

Sabtu, 11 Februari 2023 21:15 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Veltex Shizuoka Official
Pemain basket Timnas Indonesia, Abraham Damar gabung klub Jepang, Veltex Shizuoka. (Foto: Veltex Shizuoka Official) Copyright: © Veltex Shizuoka Official
Pemain basket Timnas Indonesia, Abraham Damar gabung klub Jepang, Veltex Shizuoka. (Foto: Veltex Shizuoka Official)

INDOSPORT.COM Pemain Timnas Basket Indonesia, Abraham Damar Grahita auto bikin netizen bangga usai diumumkan resmi gabung klub Liga Basket Jepang, Veltex Shizuoka.

Kabar bahagia ini diumumkan langsung oleh Veltex Shizuoka melalui akun media sosial resminya pada Jumat (10/2/23) kemarin.

Tim divisi ketiga Liga Basket Jepang itu menyebutkan telah melakukan kesepakatan kontrak dengan Abraham untuk musim 2022-2023.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Veltex Shizuoka telah melakukan tanda tangan kerja sama dengan #4 Abraham Damar Grahita untuk musim 2022-23," demikian bunyi pernyataan klub.

“Terima kasih atas dukungan hangat Anda untuk Abraham, yang berjuang bersama untuk terwujudnya "B3 Championship dan B2 Promotion",” tambah pernyataan tersebut.

Sekadar informasi, Veltex Shizuoka musim ini berkompetisi di League B3 atau kasta ketiga liga basket Jepang. Dia diharapkan jadi pembuka jalan bagi atlet basket Indonesia lainnya ke luar negeri.

Abraham Damar Grahita sendiri sejatinya telah terikat kontrak dengan tim Prawira Bandung hingga 2026 mendatang. Namun ia tak pernah tampil di seri pertama IBL 2023.

Meski demikian dalam salah satu klausul kontraknya disebutkan bahwa Prawira Bandung memperbolehkannya berkarier di luar negeri, dan akan kembali ke tim jika kontraknya sudah habis di Jepang.

Melansir dari laman resmi IBL, Kontrak jangka panjang tersebut memang layak bila melihat kontribusi Abraham di Prawira Harum Bandung.

Resmi bergabung dengan Veltex Shizuoka membuat Abraham Damar Grahita mencetak sejarah sebagai pemain basket asli Indonesia pertama yang berkompetisi di luar negeri dan netizen auto bangga.