Dedengkot Kobatama Turun Gunung, Ikuti Turnamen Basket di Solo

Selasa, 14 Maret 2023 22:39 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Amin Prihantono Copyright: © Ratno Prasetyo/INDOSPORT
Amin Prihantono

INDOSPORT.COM - Para pecinta basket kota Solo akan mendapat suguhan istimewa mulai Rabu (15/3/23). Para dedengkot Kobatama akan bertarung lagi dalam turnamen basket umur veteran bertajuk Intercity Evergreen Mansion Sport XV.

Kobatama merupakan kompetisi basket Tanah Air yang bergulir dari era 1982 hingga 2010. Pada periode itu, lahirlah nama-nama penting yang melegenda di perbasketan Tanah Air.

Beberapa nama sudah alih profesi sebagai pelatih di Indonesia Basketball League (IBL). Namun, ada beberapa nama yang masih rutin bertarung sebagai pemain di kompetisi veteran.

Nah, Intercity Evergreen Mansion Sport XV akan menjadi salah satu wadah menampung para dedengkot Kobatama, seperti I Made Sudiadnyana atau akrab dikenal Lolik, Rony Gunawan, Amin Prihantono, Rony Chandra, Ali Budimansyah hingga Faisal Ahmad.

Mereka tersebar ke berbagai klub pada ajang yang diikuti 110 tim ini. Di antara tim-tim tersebut, turut hadir pula sembilan tim yang datang dari Malaysia.

Sementara dari kekuatan lokal, hadir lagi Bhinneka Solo. Klub yang sempat disegani pada awal 2000-an ini akan ikut bersaing bersama tim, seperti Bima Sakti Malang, Buls Bulungan hingga CLS.

Ketua Umum Intercity Evergreen, Poa Seng Goeng, mengatakan ajang ini berdiri pada 2008 lalu sebagai wadah berkumpulnya sesepuh bola basket di Indonesia.

Para veteran yang sudah tidak aktif bisa kembali bermain meskipun usianya sudah 70 tahun. Ajang di Solo ini terbilang luar biasa karena ada sembilan klub Malaysia dan klub lokal yang berasal dari 21 kota.

"Yang main kan sudah sepuh-sepuh, jadi kami menjaga. Kuarter tetap empat tetapi waktu kotor dan baru waktu bersih menit akhir. Tiap klub hanya boleh ada dua pemain nasional dan dua profesional. Seluruh pemain-pemain legenda tim merata," kata Poa Seng Goeng, Selasa (14/3/23).

Ia gembira Intercity Evergreen yang membawa ribuan atlet bisa hadir di Solo. Ajang ini pun mendapat dukungan penuh dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming.

"Terima kasih Mas Wali, kami merasa bangga sebagai tuan rumah mendapatkan dukungan luar biasa," tuturnya.