In-depth

Tak Cuma Miami Heat, Ini 5 Tim 8 Seeds yang Jungkalkan Favorit di Ronde 1 Playoffs NBA

Sabtu, 29 April 2023 00:45 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Michael McLoone
Masuk playoffs NBA 2023 via jalur play-in dan harus bertemu dengan Milwaukee Bucks di ronde pertama, tidak ada yang memprediksi Miami Heat bisa bicara banyak. (Foto: REUTERS/Michael McLoone) Copyright: © REUTERS/Michael McLoone
Masuk playoffs NBA 2023 via jalur play-in dan harus bertemu dengan Milwaukee Bucks di ronde pertama, tidak ada yang memprediksi Miami Heat bisa bicara banyak. (Foto: REUTERS/Michael McLoone)

INDOSPORT.COM - Masuk playoffs NBA 2023 via jalur play-in dan harus bertemu dengan Milwaukee Bucks di ronde pertama, tidak ada yang memprediksi Miami Heat bisa bicara banyak.

Alih-alih terbantai oleh sang lawan yang merupakan tim nomor satu di Wilayah Timur, Jimmy Butler cs justru sukses mengunci tiket ke ronde kedua usai memenangi seri dengan skor telak 1-4.

Padahal Bucks adalah salah satu tim kandidat juara. Rekor 58-24 mereka yang terbaik di musim reguler NBA 2022/2023 dengan lima besar defense terbaik berkat adanya Brook Lopez, Jrue Holiday, dan kandidat MVP Giannis Antetokounmpo.

Semua ini berkat performa Butler yang on fire dari game pertama sampai kelima. Forward 33 tahun itu mencatatkan rataan 37,6 poin dengan 55+ FG% dan 40+ 3P%.

Heat memang pantas mendapatkan kredit namun mereka bukan tim seeds 8 pertama dalam sejarah playoffs NBA yang bisa menjungkalkan seeds 1. Sudah ada lima tim lain yang melakukannya. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1994: Denver Nuggets (3) vs (2) Seattle SuperSonics

Sampai 2002, aturan Best-of-5 atau tim mana yang bisa lebih dulu mengumpulkan tiga kemenangan di ronde pertama masih berlaku dan untuk kali pertama fenomena tim unggulan kedelapan bisa mengalahkan tim unggulan pertama.

Adalah Denver Nuggets yang kala itu diperkuat ole Dikembe Mutombo yang jadi lakonnya. Mereka sukses mengalahkan Seattle SuperSonics, kini berganti nama jadi Oklahoma City Thunders, yang dipimpin Gary Payton.

Nuggets melakukan comeback nan dramatis usai tertinggal 0-2 di dua game pertama dimana mereka selalu kalah dengan marjin dua digit. Perfoma clutch Mutombo jadi kuncinya.

Mount Mutombo mengamuk di overtime game 4 dengan mengantongi 15 rebound, 8 blok, dan 8 poin.

Meski akhirnya langkah Nuggets harus terhenti di ronde kedua di tangan Utah Jazz, namun kisah mereka menggebuk Sonics akan selalu dikenang sepanjang masa.