Menpora Dito Ariotedjo Tegaskan FIBA World Cup 2023 Mustahil Batal Mendadak

Jumat, 14 Juli 2023 20:48 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ki-ka: Perwakilan FIBA Indonesia Cahyadi Wanda, Local Ambassador FIBA World Cup Cinta Laura, Menpora Dito Ariotedjo, Executive Director FIBA David Crocker pada acara Hitung Mundur 50 Hari Menuju FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Selasa (11/07/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ki-ka: Perwakilan FIBA Indonesia Cahyadi Wanda, Local Ambassador FIBA World Cup Cinta Laura, Menpora Dito Ariotedjo, Executive Director FIBA David Crocker pada acara Hitung Mundur 50 Hari Menuju FIBA World Cup 2023 di Indonesia Arena, Selasa (11/07/23).

INDOSPORT.COM - Menpora Dito Ariotedjo memastikan hajatan FIBA World Cup 2023 tetap bergulir meskipun sebelumnya Indonesia batal menggelar dua pesta olahraga dunia.

Seperti diketahui, sebelumnya Indonesia dicoret dari status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 buntut penolakan timnas Israel dan infrastruktur yang belum siap.

Isu tersebut pun sempat memanas lantaran menuai banyak pro-kontra yang hebat serta menyebabkan kekecewaan dari banyak pihak, termasuk pemain timnas Indonesia U-20.

Setelah itu yang baru-baru ini terjadi, Indonesia juga secara mendadak mundur dari tuan rumah penyelenggaraan ANOC World Beach 2023 Bali yang semestinya mulai digelar pada bulan depan.

Sontak, dengan batalnya Indonesia menjadi tuan rumah dari dua pesta olahraga bergengsi tersebut mencoreng nama baik Indonesia di kancah dunia, khususnya sektor olahraga.

Hal tersebut juga membuat masyarakat Indonesia, khususnya pecinta olahraga basket, ketar-ketir nasib buruk itu bakal terjadi pula di ajang FIBA World Cup 2023.

Namun, Menpora RI, Dito Ariotedjo, menegaskan nasib malang tersebut tak akan terjadi pada event FIBA World Cup 2023. Dirinya memastikan bahwa pesta olahraga basket dunia itu tidak akan tertunda, apalagi dibatalkan.

"Saya sangat yakin dan kemarin kita sudah rapat multi stakeholders dari pemerintah, Pemda, FIBA, serta panitia lokal, dan sampai detik ini saya pastikan tak ada indikasi dan tidak tertunda, Insha Allah," tegas Dito Ariotedjo.

Ada pun ajang FIBA World Cup 2023 tersebut bakal mulai digelar pada 25 Agustus sampai 3 September 2023 di Indoor Multifunction Stadium (IMS), GBK, Jakarta.

Indoor Multifunction Stadium (IMS) GBK beberapa hari lalu mendapat acungan jempol dari FIBA. Pembangunan stadion megah tersebut memang sudah rampung.