Remis, Pecatur Muda Indonesia Masih Berpeluang Juara di Turnamen Catur Internasional Japfa 2019

Jumat, 21 Juni 2019 12:09 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pecatur muda Indonesia, WIM Chelsie Monica Ignesias Sihite (2212) masih berpeluang mengamankan juara meskipun remis dengan WIM Rucha Pujari (2234) dari India di babak ke-10 turnamen catur Internasional Japfa GM dan WGM 2019 di Hotel Inna Garuda, Yogyakarta, Kamis (20/06/19) kemarin.

Tambahan setengah poin membuat kedua pecatur tersebut kini sama-sama mengoleksi 7,0 poin dan masih berpeluang untuk menjuarai turnamen catur tersebut.

Kendati demikian, peluang keduanya akan ditentukan oleh hasil pertandingan dari tiga pecatur yang selisih 0,5 poin dari keduanya, yakni WIM Luong Phuong Hanh (2271), WGM Tsatsalashvili Keti (2356) dan WFM Ummi Fisabilillah (2201).

Jika salah satu dari Ummi dan Phuong menang, maka mereka akan menyamai poin Chelsie dan Pujari, tetapi jika remis, maka peluang mereka untuk menjadi juara akan semakin tipis.

Meskipun remis dengan Pujari, Chelsia mengaku cukup puas dengan hasil tersebut dan mengaku akan berusaha semaksimal mungkin untuk menang atas Luong Phuong Hanh di pertandingan Jumat (21/06/19) hari ini.

"Bukan tidak mau menang, tetapi memang sulit. Memang cuma 17 langkah karena sudah tidak ada celah untuk pengulangan. Besok lawan Phuong, saya memiliki peluang karena memegang buah putih, saya akan berusaha," ujar Chelsie dilansir dari media ANTARA News.

Sebelumnya, rekan Chelsie, WFM Ummi Fisabilillah (2201) memastikan diri meraih norma Woman Internasional Master (WIM) setelah menambah setengah poin dari hasil bermain remis dengannya di babak ke-9 turnamen catur internasional Japfa 2019 di Hotel Grand Inna Yogyakarta, Selasa (18/06/19) WIB.

Sementara itu, lawan Chelsie, yakni Pujari akan berhadapan dengan juara bertahan Keti yang menjadi unggulan ketiga di turnamen tersebut.