eSports

Banyak Bakat Potensial, Ketum PSSI Erick Thohir Diminta Urus Atlet eSports Sepakbola Indonesia

Rabu, 1 Maret 2023 21:44 WIB
Penulis: Fahri Atilla | Editor: Subhan Wirawan
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Media Center GBK, Minggu (19/02/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketua Umum PSSI Erick Thohir, di Media Center GBK, Minggu (19/02/23).

INDOSPORT.COM — Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, diharap mampu menaungi atlet eSports sepakbola Indonesia yang memang menjadi tanggung jawabnya.

Hal ini tentu cukup mengejutkan, karena umumnya cabang eSports berada di bawah naungan PBESI yang merupakan payung dari semua kegiatan eSports.

Namun, tampaknya hal tersebut berbeda untuk sepakbola yang meman ternyata berada di bawah naungan langsung dari PSSI yang merupakan federasi sepakbola Indonesia.

Hal ini diutarakan oleh Putra Sutopo yang merupakan CEO dari Indonesia Football e-League (IFeL), yang meminta Erick Thohir untuk memperhatikan eSports sepakbola juga.

Atlet eSports sepakbola di Indonesia sendiri memang terbilang luar biasa dan sudah beberapa kali menyabet gelar internasional yang cukup bergengsi.

Namun sayang, gaung dari olahraga elektronik tersebut kurang diminati oleh publik Indonesia yang membuat skemanya tidak berkembang.

Padahal ada beberapa atlet yang baru saja meraih prestasi mentereng, seperti Elga Cahya Putra yang mendapatkan medali emas dalam kejuaraan World Esports Championship 2022 pada bulan Desember silam.

Meski atlet eSports Indonesia cukup memiliki nama di luar negeri, namun malah redup di bangsa sendiri. Hal tersebut pula yang mereka minta dari Erick Thohir.

Akan tetapi, untuk menaikkan pamor dari cabang eSports sepakbola tentu akan sangat sulit terutama di Indonesia yang pasar eSportsnya sudah dikuasai oleh game mobile.

Beberapa game mobile yang telah menjamur di Tanah Air antara lain Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile yang menjadi tulang punggung skema eSports Indonesia selama beberapa tahun belakangan ini.