Main di Piala Asia, Timnas Indonesia Satu Grup dengan Thailand

Selasa, 6 Maret 2018 23:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Goal / Rais Adnan
Timnas Futsal Putri Indonesia. Copyright: © Goal / Rais Adnan
Timnas Futsal Putri Indonesia.

AFC Women's Futsal Championship 2018 atau Piala Asia Fustal Wanita akan digelar pada 2-12 Mei 2018 mendatang di Bangkok, Thailand. Untuk itu undian pembagian grup pun telah digelar pada Senin (05/03/18) di markas AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. Dalam pengundian, Indonesia tergabung dalam pot tiga yaitu tim non unggulan dan debutan.

Dalam undian, nama Indonesia kemudian keluar untuk slot A3 yang berarti Indonesia akan berada satu grup dengan tuan rumah, Thailand. Selain Thailand, tim Merah Putih juga berada satu grup dengan dua tim Cina Daratan, Hong Kong dan Macau yang sama-sama menjadi penghuni Grup A.

© @elastico7ina/Instagram
Caption Copyright: @elastico7ina/InstagramTimnas Futsal Putri Indonesia berada di Grup A dalam AFC Women's Futsal Championship 2018.

Dengan demikian, Timnas futsal putri Indonesia akan kembali menghadapi Thailand untuk pertama kalinya semenjak SEA Games 2017 lalu. Saat itu Indonesia menjadi satu-satunya tim yang berhasil menggagalkan usaha Thailand untuk meraih tiga poin.

Sayangnya, Indonesia hanya mampu meraih medali perunggu setelah kalah selisih gol dari Vietnam di peringkat kedua, sedangkan Thailand berhak atas medali emas.

Melihat hasil drawing tersebut, manajer Timnas Putri, H.M Tursino mengatakan Timnas Indonesia memiliki peluang untuk lolos dari babak grup bahkan bisa ke fase empat besar.

"Hasil drawing peluangnya kita bisa empat besar bisa lewati fase grup dan di grup A paling berat Thailand, karena mereka tuan rumah juga. Macau dan Hongkong kita prediksi bisa lewati," ucapnya.

Sementara itu, juara bertahan Iran berada satu grup dengan dua tim Asia Utara, Uzbekistan dan Turkmenistan.

Futsal Putri Indonesia sendiri punya kenangan manis dengan Thailand selama dua tahun belakangan. Tim futsal Jaya Kencana Angels Tangsel berhasil menjuarai AFF Futsal Club 2016 dengan mengalahkan dua pesaing asal Thailand, Khon Kaen dan Bangkok FC.

3