Cabor Karate Debut di Olimpiade Tokyo, Seperti Apa Formatnya?

Jumat, 14 Mei 2021 07:04 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT/Herry Ibrahim
Atlet Karate Indonesia, Rifki Ardian Arrosyid (sabuk merah) melawan atlet Karate Iran, Amir Mahdi Zadeh (sabuk biru) pada babak final Karate kelas Putera -60kg di Plenary Hall JCC, Jakarta, Minggu (26/08/18). Riki menang 9-7 atas lawannya. Copyright: © INDOSPORT/Herry Ibrahim
Atlet Karate Indonesia, Rifki Ardian Arrosyid (sabuk merah) melawan atlet Karate Iran, Amir Mahdi Zadeh (sabuk biru) pada babak final Karate kelas Putera -60kg di Plenary Hall JCC, Jakarta, Minggu (26/08/18). Riki menang 9-7 atas lawannya.

INDOSPORT.COM – Olahraga bela diri karate untuk pertama kalinya akan dipertandingkan di Olimpiade Tokyo. Seperti apa sih format pertandingan cabang olahraga satu ini?

Salah satu agenda di event tersebut adalah demonstrasi cabang olahraga karate. Rencana debut cabor ini mendapat sorotan mengingat karate sebelumnya tidak pernah ambil bagian di Olimpiade.

Debutnya karate pada Olimpiade edisi tahun ini sangat tepat karena Jepang sendiri, selaku tuan rumah, dikenal sebagai negara kelahiran seni bela diri kuno ini, yang merupakan salah satu olahraga paling populer di dunia.

Pada Januari tahun lalu, karate juga menjadi pusat perhatian ketika ketika Jepang menggelar acara promosi Olimpiade di Tokyo International Forum yang bertempat di kantor bursa Tokyo Stock Exchange.

Dikutip Inside The Games, terdapat delapan medali emas yang diperebutkan cabang olahraga karate. Ada empat nomor yang dipertandingkan, yakni kata pria, kata wanita, kumite pria, dan kumite wanita.

Berikut ini INDOSPORT memaparkan informasi lengkah mengenai cabang olahraga karate di Olimpiade Tokyo yang mana pesta olahraga empat tahunan ini mundur setahun dari jadwal semula dan akan digelar pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021.

Karateka Terbaik Dunia akan Unjuk Gigi di Olimpiade Tokyo 2020

Diperkirakan aka nada total 80 atlet karate yang akan tampil di Olimpiade Tokyo, di mana 60 akan tampil di ajang kumite dan 20 Kata. Kedua divisi ini memiliki pembagian berimbang antara pria dan wanita.

Atlet asal Spanyol menduduki puncak peringkat kata dunia untuk pria dan wanita, yakni Sandra Sánchez dan Damián Quintero yang akan menjadi favorit di acara tersebut.

Sánchez, yang berusia 39 tahun merupakan Juara Dunia 2018, lima kali juara Eropa, dan baru saja masuk buku rekor sebagai karateka dengan medali terbanyak dalam sejarah sirkuit internasional.

Federasi Karate Dunia (WKF) bahkan menjulukinya sebagai GOAT atau 'yang terhebat sepanjang masa'.

Saingan dari Tuan Rumah

Pesaing lain yang akan mendapatkan dukungan dari penggemar tuan rumah, yakni Shimizu Kiyou. Bintang Jepang ini merupakan juara dunia dua kali dan ratu Asia tiga kali.

Pertarungan dalam acara kata pria juga akan terjadi antara Spanyol dan Jepang. Kiyuna Ryo dan Damián Quintero, keduanya diramalkan akan bersaing memperebutkan medali emas Olimpiade pertama kalinya.

Secara head-to-head, Kiyuna mengalahkan Quintero di final Kejuaraan Dunia 2018 dan 2016. Duel mereka satu sama lain bahkan sudah dikenal sebagai pertarungan klasik di dunia kata!

Jadwal Olimpiade Karate di Tokyo 2020

Kompetisi karate di Olimpiade Tokyo akan berlangsung dari 5-8 Agustus 2021, dan setiap hari perlombaan akan membawa minimal satu medali.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%