Gara-gara Wasit, Petarung MMA Ini Nyaris Kehilangan Nyawa

Senin, 18 Februari 2019 09:58 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© UFC
Ilustrasi pertarungan MMA. Copyright: © UFC
Ilustrasi pertarungan MMA.

INDOSPORT.COM - Dalam sebuah pertarungan Mixed Martial Arts, salah satu elemen penting yang harus ada dalam setiap duel adalah keberadaan wasit.

Selain memiliki pekerjaan untuk menentukan pemenang di antara dua orang yang bertarung, wasit juga memiliki tugas untuk menilai kondisi masing-masing kontestan.

Bila seandainya ada petarung yang sudah tidak layak untuk melanjutkan pertandingan, maka wasit harus mengambil keputusan untuk menghentikan duel agar lawan tidak terus melakukan serangan.

Tugas penting itu ternyata sempat dilupakan oleh seorang wasit pertarungan MMA bernama Saez yang memimpin pertarungan antara Melquizael Costa vs Rafael Barbosa dalam Demolidor Fight di Brasil.

Saat itu, Barbosa sempat melakukan teknik kuncian ke kepala Costa. Selama 90 detik Barbosa melakukan teknik tersebut dan anehnya wasit tidak menyadari bahwa Costa sudah tidak sadarkan diri.

"Dia melakukan kuncian anaconda ketika saya salah berputar dan setelah itu saya tak sadarkan diri. Hal pertama yang selanjutnya saya ingat adalah orang-orang dan dokter memanggil nama saya," ujar Costa seperti dikutip dari laman berita sport MMA Fighting.

Ditemui usai pertarungan, wasit Saez pun menjelaskan bahwa dirinya memang terlambat mengambil keputusan karena tidak menyadari bahwa Costa sudah tidak sadarkan diri.

"Saya tidak menyadari bahwa ia pingsan dan saya pikir ia masih berusaha untuk melepaskan diri dari kuncian. Semuanya terjadi begitu cepat saat itu," jelas Saez.

Setelah melakukan kesalahan tersebut, Saez sendiri dan keluagranya merasa bahwa memang sudah saatnya ia memutuskan untuk pensiun sebagai wasit MMA.

Terus Ikuti Update MMA dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM