38.7K

Bisa Berakibat Fatal, Inilah 4 Teknik Kuncian Mematikan Dalam Pertarungan MMA

Minggu, 12 April 2020 18:45 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© BellatorMMA/Twitter
Berikut empat teknik kuncian dalam dunia Mixed Martial Arts (MMA), di mana teknik tersebut sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal. Copyright: © BellatorMMA/Twitter
Berikut empat teknik kuncian dalam dunia Mixed Martial Arts (MMA), di mana teknik tersebut sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal.

INDOSPORT.COM – Teknik kuncian merupakan salah satu elemen penting dalam dunia Mixed Martial Arts (MMA), di mana jurus tersebut menjadi salah satu yang difavoritkan oleh para petarung.

Melansir dari laman Bleacher Report, kuncian tersebut dapat menghasilkan sebuah submission atau kemenangan diraih dengan berbagai teknik kuncian yang didapat dari kuncian pada lengan, kaki, atau leher (choke).

Teknik ini umumnya digunakan dalam disiplin judo atau gulat yang tidak banyak menggunakan pukulan atau tendangan, ketika dua petarung beradu teknik dalam proses clinche dan grappling untuk mengunci tangan, kaki, atau leher.

Namun nyatanya teknik tersebut juga memang dinilai sangat efektif digunakan oleh para petarung MMA dalam mengalahkan lawan agar segera melakukan tap out.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT sajikan empat teknik kuncian mematikan, yang bisa membuat lawan anda mengalami patah tulang, berikut ulasannya:

  • Hammerlock

Teknik ini merupakan salah satu yang berbahaya karena berfokus untuk melumpuhkan bagian bahu lawan, dengan meletakkan lengan di belakang punggung lawan.

Kemudian menekan pergelangan tangan ke belakang leher. Teknik ini juga biasa digunakan para polisi saat menangkap pelaku kejahatan, di mana membuat lawan kesulitan dalam menyerang.

Pertarungan yang paling terkenal saat menggunakan teknik Hammerlock ini ialah saat petarung MMA, Shinya Aoki mengalahkan Mizuto Hirota, yang membuat tangan rivalnya tersebut mengalami patah tulang lantaran enggan menyerah.

  • Heel Hook

Heel Hook merupakan kuncian pergelangan kaki, dengan memutar sendi kecil di pergelangan kaki dengan engkol pada tumit yang bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Salah satu petarung yang mahir menggunakan kuncian ini ialah Frank Shamrock. Mantan petarung UFC yang telah hijrah ke ajang WWE itu pernah membuat lawannya, Don Frye tersiksa berkat teknik Heel Hook andalannya.

Frye memang lebih unggul dari Frank ‘Ken’ Shamrock. Namun ia berhasil membuat Frye mengalami cedera parah di bagian kakinya dan membuatnya jadi kecanduan obat-obatan karena rasa sakit yang berkepanjangan.

  • Twister

Twister adalah gerakan kuncian memutar yang mengarahkan kepala lawan ke salah satu sisi bahunya, sementara bagian bawah tubuh lain ke sisi sebaliknya.

Petarung MMA yang melekat dengan kuncian ini ialah Chan Sung Jung yang mengalahkan Leonard Garcia dengan jurus mematikan tersebut. Bahkan ia mencatatkan sejarah sebagai petarung pertama yang mengalahkan lawannya melalui twister di ajang UFC.

  • Kimura

Kimura adalah gerakan mengunci kedua lengan lawan dengan memberi tekanan pada bagian bahu lawan. Teknik ini membuat lawan akan kesulitan untuk bertahan maupun melepaskan diri.

Jika para petarung tak menyerah saat mendapatkan teknik ini dari sang lawan. Maka bisa berakibat fatal. Hal ini lah yang membuat teknik kuncian tersebut menjadi salah satu tekni yang paling berbahaya di dunia.

Kazushi Sakuraba merupakan petarung MMA yang sempat menggemparkan dunia. Pasalnya ia mampu mematahkan lengan Renzo Gracie dengan menggunakan teknik kimura yang amat berbahaya.