18.1K

Angela Lee, Si Ratu Submission yang Jadi Juara MMA Termuda di Dunia

Minggu, 12 April 2020 13:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© MMA Mania
Pecinta seni bela diri campuran tentunya sudah tak asing dengan sosok Angela Lee, petarung Mixed Martial Arts (MMA) wanita yang dikenal sebagai ratu Submission. Copyright: © MMA Mania
Pecinta seni bela diri campuran tentunya sudah tak asing dengan sosok Angela Lee, petarung Mixed Martial Arts (MMA) wanita yang dikenal sebagai ratu Submission.

INDOSPORT.COM – Para pecinta olahraga seni bela diri campuran tentunya sudah tak asing dengan sosok Angela Lee, petarung Mixed Martial Arts (MMA) wanita yang dikenal sebagai ratu Submission.

Angela Lee merupakan petarung MMA wanita yang berlaga di ajang One Championship. Ia merupakan salah satu pertarung wanita yang paling ditakuti di kancah Asia.

Wanita keturunan Singapura - Korea Selatan itu telah mengenal dunia bela diri sejak berusia 3 tahun. Keputusan kedua orangtuanya untuk memberikan edukasi terkait dunia tarung sejak dini dengan alasan untuk bertahan diri, terutama bagi anak perempuan yang rentan akan suatu kejahatan.

Melansir dari laman Next Shark, Lee sendiri merasa sempat ingin mencoba hal lain di luar dunia bela diri. Namun ia kembali mengurungkan niatnya, lantaran perempuan berusia 23 tahun itu merasa tak memiliki kemampuan yang bagus di bidang lainnya.

Ia akhirnya memutuskan untuk menggeluti olahraga keras tersebut, yang juga dilakukan oleh tiga saudara kandungnya, dan tentunya difasilitasi oleh kedua orang tuanya yang juga membangun gym sekaligus tempat berlatih untuk keempat putra-putrinya.

Angela Lee yang menguasai disiplin taekwondo, jiu jitsu, muay thai, dan gulat telah mengikuti turnamen profesional sejak 2012. Ia kemudian memutuskan untuk bergabung dengan promotor One Championship pada 2014 silam.

Namun pada 2016 namanya mulai mencuat usai mengalahkan juara dunia, Mei Yamaguchi di kelas atom wanita. Pasalnya ia mencatatkan sejarah sebagai petarung wanita termuda yang meraih gelar juara dunia di ajang MMA, di mana kala itu usianya belum menginjak 20 tahun.

Wanita berjuluk Unstopable itu juga dikenal sebagai ratu Submission, karena ia kerap menumbangkan dan membuat lawannya menyerah dengan berbagai teknik kuncian pada lengan, kaki, atau leher (choke).

Hingga saat ini Lee memiliki catatan nilai yang cukup apik yakni 10-2-0, di mana 7 kemenangannya berasal dari submission, 1 KO dan 1 decision. Sementara 1 kalah KO dan 1 decision.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT sajikan deretan pesona Angela Lee, ratu submission yang juga merupakan juara MMA termuda di dunia:

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Lee Pucci (@angelaleemma) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Lee Pucci (@angelaleemma) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Lee Pucci (@angelaleemma) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Lee Pucci (@angelaleemma) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Lee Pucci (@angelaleemma) on

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Angela Lee Pucci (@angelaleemma) on