In-depth

Jejak 'Busuk' dalam Kalimat Pensiun Conor McGregor dari MMA

Senin, 8 Juni 2020 08:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Seperti sosoknya yang kerap mencuri perhatian, pernyatan pensiun dari Conor McGregor pun mengandung sejumlah pembahasan kontroversial. 

Petarung asal Irlandia, Conor McGregor secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia Mixed Martial Arts (MMA).

Kabar tersebut diumumkan langsung oleh McGregor melalui cuitan akun resmi Twitter miliknya @TheNotoriousMMA, yang menyatakan bahwa dirinya memutuskan untuk pensiun dari arena yang telah membesarkan namanya tersebut. 

Namun, ada yang mengganjal dalam pernyataan Conor McGregor. Terlepas dari sosoknya yang kontroversial, rival dari Khabib Nurmagomedov ini faktanya telah lebih dari sekali menyatakan akan pensiun

Ini merupakan ketiga kalinya McGregor menyatakan bakal mengundurkan diri. Pada tahun 2016, petarung kelahiran Irlandia itu pernah mengumumkan hal yang sama lewat Facebook. Namun, tak disangka dua hari kemudian, ia menyatakan akan comeback.

Saat itu, ia memutuskan pensiun karena merasa pusing dengan negosiasi kontroversial terkait pertandingan ulang McGregor melawan Nate Diaz di UFC 200.

Kemudian McGregor mengumumkan pensiun yang kedua kalinya setelah memenangkan kejuaraan kelas ringan UFC 205. Dia memilih mengambil cuti dari UFC untuk menantikan kelahiran anak pertamanya tahun 2017.

Namun, tak sampai satu tahun, dia mengumumkan kembali dan siap melawan Floyd Mayweather dalam sebuah duel tinju yang paling ditunggu-tunggu pada Agustus 2017.

Sayangnya, duel yang membuat McGregor bergelimang harta itu dimenangkan oleh Mayweather. McGregor yang kalah tampaknya masih sakit hati dan akhirnya memutuskan hiatus selama hampir satu tahun.

Selama masa hiatus ini, McGregor malah sibuk mempromosikan Proper No. 12, merek wiski campurannya sendiri. Hal ini bahkan sempat disindir bos bos UFC, Dana White, saat mengonfirmasi berita pengunduran diri McGregor.

“Dia punya uang untuk pensiun dan wiskinya adalah senjatanya. Itu benar-benar masuk akal dan jika saya jadi dia, saya akan pensiun juga,” kata Dana White.

McGregor kemudian mengumumkan akan kembali ke Octagon, Las Vegas, untuk berduel di ajang UFC 229 pada 6 Oktober 2018 dengan menghadapi petarung asal Rusia, Khabib Nurmagimedov.

McGregor kalah dalam pertarungan empat ronde itu. Pertarungan justru memanas setelah tim McGregor menyerang tim Khabib usai duel yang membuat keduanya diganjar larangan bertanding selama kurang lebih enam bulan di tahun 2019.

Diacuhkan Hingga Ditantang Bos UFC

Pensiunnya Conor McGregor untuk ketiga kalinya pun mengundang perhatian dari khalayak ramai. Salah satunya dari Presiden UFC, Dana White. 

Namun, berbeda dengan lainnya, Dana White menanggapi pensiunnya The Notorious dengan masa bodoh. Dana tak mau mengambil pusing dengan keputusan McGregor. 

"Saya tidak mau ambil pusing. Saya mencoba yang terbaik untuk menjaga semuanya berada dalam jalur," ujar White dari Essentially Sport.

Dana White pun menyindir peristiwa semacam ini yang sudah lebih dari sekali dilakukan Conor. "Kami pernah berada di sini sebelumnya, ini telah terjadi pada kami sebelumnya, lebih dari sekali juga," katanya. 

Dana White sendiri sepertinya sudah hafal betul dengan sepak terjang McGregor. Meski begitu, Dana White juga adalah sosok yang cukup kontroversial, maka tak heran komentar menarik pun kerap ia keluarkan terhadap petarung-petarungnya terutama McGregor.