18.7K

Sangar dan Mematikan, Inilah 3 Petarung Jiu-Jitsu Terbaik di UFC

Selasa, 9 Juni 2020 06:49 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Victor Decolongon/Getty Images
Terdapat tiga petarung MMA yang dianggap sebagai atlet yang menguasai dispilin Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) terbaik di UFC. Copyright: © Victor Decolongon/Getty Images
Terdapat tiga petarung MMA yang dianggap sebagai atlet yang menguasai dispilin Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ) terbaik di UFC.

INDOSPORT.COM – Para petarung Mixed Martial Arts (MMA) tentunya memiliki kemampuan menguasai sejumlah disiplin seni bela diri salah satunya ialah Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ).

BJJ merupakan sebuah bela diri yang berfokus pada pertarungan lantai atau ground fighting yang pertama kali dipopulerkan di Brasil, dan merupakan pengembangan dari teknik Kodokan Judo yang dipelopori Mitsuyo Maeda bersama Keluarga Gracie

Teknik yang dipelajari pada BJJ berfokus pada pertarungan lantai, bantingan, kuncian, dan cekikan. Jurus ini juga dianggap mematikan lantaran bisa menumbangkan lawannya tanpa menggunakan pukulan atau tendangan.

BJJ biasanya dikuasai oleh para kalangan militer. Namun ada sejumlah petarung yang menguasai teknik tersebut. Melansir dari laman Bleacher Report, berikut tiga petarung BJJ terbaik di UFC:

1. Nate Diaz

© Getty Images
Nate Diaz vs Conor McGregor Copyright: Getty ImagesNate Diaz vs Conor McGregor

Nate Diaz merupakan petarung asal Amerika Serikat yang memiliki sabuk coklat BJJ. Meski belum meraih sabut hitam, namun kemampuannya tak bisa diremehkan.

Adik dari Nick Diaz tersebut memiliki catatan rekor kemenangan 20-12-0, di mana 11 kemenangannya berhasil ia raih melalui submission, dengan menggunakan teknik kuncian mematikan seperti armbar atau rear-naked choke.

Selain mahir dalam menggunakan BJJ, ia juga kerap menampilkan teknik tinju yang merupakan kehabatan lainnya. Nate Diaz merupakan salah satu petarung kontroversional lantaran kerap melakukan hal yang dilarang saat bertarung.