Berusia 17 Tahun, Inikah Satu-satunya Kekalahan Khabib dalam Kariernya?

Senin, 2 November 2020 15:49 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Mike Roach/Zuffa LLC via Getty Images
Petarung UFC, Khabib Nurmagomedov. Copyright: © Mike Roach/Zuffa LLC via Getty Images
Petarung UFC, Khabib Nurmagomedov.

INDOSPORT.COM - Legenda Ultimate Fighter Championship (UFC), Khabib Nurmagomedov, dikenal sebagai petarung yang tidak pernah kalah dalam kariernya. Akan tetapi, Khabib sendiri ternya pernah merasakan sebuah kekalahan di luar dari arena olahraga tarung bebas ini.

Kita tentunya mengetahui bahwa Khabib Nurmagomedov adalah petarung terbaik UFC saat ini. Hal ini dipastikan usai bos UFC, Dana White, menjadikannya sebagai petarung terhebat dalam sejarah UFC usai meraih rekor tak terkalahkan.

Rekor tak terkalahkan itu ia dapatkan usai memenangkan pertandingan melawan Justin Gaethje lewat submisson. Keduanya bertanding di Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10/20) dini hari WIB dalam ajang UFC 254.

Usai pertandingan, dirinya pun memberikan dua pernyataan mengejutkan, yakni dirinya yang memtuskan pensiun serta permohonan kepada Dana White untuk menjadikannya sebagai petarung terhebat dalam sejarah UFC.

“Hari ini saya ingin mengatakan ini adalah pertarungan terakhir saya. Tak mungkin saya ke sini tanpa ayah saya," kata Khabib Nurmagomedov seusai laga seperti dilansir dari Talksport.

"Saat UFC mendatangi saya soal (pertarungan dengan) Justin, saya bicara dengan ibu saya selama tiga hari. Dia tidak ingin saya bertarung tanpa ayah saya. Lalu saya berkata kepadanya ini pertarungan terakhir saya dan saya memegang janji saya kepadanya," lanjutnya.

“Permintaan terakhir saya untuk UFC adalah kalian harus menjadikan saya petarung nomor 1 di ranking pound for pound di dunia, karena saya layak mendapatkannya,” ujar Khabib, saat wawancara pasca pertarungan di UFC 254.

Pro-kontra pun terjadi usai Dana White mengabulkan permintaan Khabib Nurmagomedov untuk menjadi petarung MMA terhebat dalam sejarah UFC. Salah satu perdebatan yang dibahas adalah rekor kemenangan Khabib di UFC.

Dengan mengalahkan Justin Gaethje, kini Khabib Nurmagomedov berhasil memegang sebuah rekor 29-0-0, yakni tak pernah kalah dalam kariernya di ajang UFC ini.

Rekor tak terkalahkan itulah yang melekat pada dirinya sebagai seorang petarung dengan tiada tanding di dunia ini. Meskipun, belakangan diketahui bahwa Khabib Nurmagomedov sendiri sempat merasakan pahitnya sebuah kekalahan di usia yang muda.