Ranking Terbaru UFC: Khabib Nurmagomedov Masih di Puncak

Jumat, 12 Maret 2021 10:12 WIB
Editor: Juni Adi
© Jeff Bottari/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Khabib Nurmagomedov dengan marah menunjuk ke kerumunan penonton, sebelum memicu perkelahian massal. Copyright: © Jeff Bottari/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Khabib Nurmagomedov dengan marah menunjuk ke kerumunan penonton, sebelum memicu perkelahian massal.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini UFC telah memperbaharui ranking pound for pound menyusul pertandingan UFC 259 yang telah rampung digelar di UFC Apex, Las Vegas, Amerika Serikat pada Minggu (07/03/21).

UFC 259 sendiri menggelar tiga pertandingan besar antara Petr Yan vs Aljamain Sterling, Amanda Nunes dan Jan Blachowicz vs Israel Adesanya.

Petr Yan gagal mempertahankan sabuk gelar juara kelas bantam UFC miliknya, setelah dikalahkan oleh Sterling. 

Kemudian ada laga Amanda Nunes yang melawan Megan Anderson. Meski disibukkan dunia baru sebagai orang tua, Nunes tetap bisa tampil meledak di octagon ketika berhadapan dengan Megan Anderson.

Nunes benar-benar menerapkan strategi bertarung dengan sangat baik. Ia tak memberikan celah pada Anderson.

Pertandingan pun berakhir di ronde pertama lewat kuncian triangle armbar oleh Amanda Nunes. Terakhir laga sengit antara Jan Blachowicz vs Israel Adesanya.

Hasilnya, Jan Blachowicz mempertahankan sabuk juara kelas berat ringan setelah mengalahkan Israel Adesanya yang naik divisi dari kelas menengah lewat keputusan mutlak.

Pertarungan sengit tersebut membuat peta persaingan di daftar ranking pound for pound pun banyak berubah.

Yang paling menonjol adalah turunnya posisi Israel Adesanya ke posisi enam, usai menderita kekalahan dari Blachowicz.

Di sisi lain, Blachowicz sendiri naik enam peringkat setelah kemenangan atas The Last Stylebender.

Faktor lain yang membuat Adesanya terlempar dari papan atas klasemen pound for pound UFC adalah, peningkatan yang dialami Stipe Miocic dan Alexander Volkanovski.

Baik Miocic dan Volkanovski sama-sama naik satu peringkat sehingga membuat Adesanya turun tiga setrip. 

Hasil tersebut membuat dirinya harus turun 2 peringkat ke posisi 10 di daftar ranking pound for pound. Sedangkan untuk di kelas bantam, Yan masih memimpin di peringkat teratas.

Di kelas ringan, Islam Makhachev naik tiga peringkat ke posisi 11 usai mengalahkan Drew Dober. Selanjutnya Islam Makhachev ingin menantang petarung dari peringkat lima besar kelas ringan guna meningkatkan posisinya di kelas tersebut.

Gelar petarung pound for pound terbaik UFC saat ini masih dipegang Khabib Nurmagomedov meski sudah menyatakan pensiun.

Hal menarik adalah tidak ada nama Conor McGregor di ranking pound-for-pound UFC terbaru ini. McGregor sendiri berada di peringkat keenam ranking kelas ringan, di bawah Tony Ferguson dan di atas Rafael Dos Anjos.