Mengintip Sosok Ibu Khabib Nurmagomedov yang Misterius

Minggu, 28 Maret 2021 17:05 WIB
Editor: Juni Adi
© Jeff Bottari/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Khabib Nurmagomedov dengan marah menunjuk ke kerumunan penonton, sebelum memicu perkelahian massal. Copyright: © Jeff Bottari/Zuffa LLC/Zuffa LLC via Getty Images
Khabib Nurmagomedov dengan marah menunjuk ke kerumunan penonton, sebelum memicu perkelahian massal.

INDOSPORT.COM - Khabib Nurmagomedov menyatakan resmi pensiun dari dunia seni bela diri campuran, UFC, melalui laman media sosial pribadinya pada Jumat (19/03/21) 

Dirinya berharap seluruh pihak bisa menerima keputusannya untuk undur diri dari UFC. Ia pun mengukir sejarah dengan menjadi salah satu petarung terbaik di ajang Mixed Martial Arts (MMA).

"Saya berharap kalian semua bisa menerima dan mengerti keputusan saya," kata Khabib.

Pensiunnya Khabib sejatinya sudah ia umumkan usai mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254, lewat submission di ronde kedua pada 24 Oktober 2020 lalu.

Kemenangan itu mempertajam rekor Khabib Nurmagomedov dengan 29 kemenanan tanpa sekalipun tersentuh kekalahan. 

Khabib pun memutuskan pensiun usai pertandingan, karena hal itu sudah menjadi bagian dari janjinya kepada sang ibunda usai ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia.

Patimat tidak ingin The Eagle bertarung tanpa didampingi ayahnya. Usai memutuskan pensiun, gelar juara dunia Khabib tidak langsung dicopot.

Sebab, Presiden UFC, Dana White mau berusaha untuk membujuknya kembali naik octagon. Ia beralasan ingin melihat Khabib menggenapkan kemenangan dalam kariernya menjadi 30.

Terlebih, rekor 30-0 di pentas UFC juga kerap jadi ambisi Abdulmanap untuk Khabib sebelum meninggal dunia. 

Satu tahun berjalan sejak dari Khabib Nurmagomedov menyatakan pensiun, masa depan petarung asal Rusia itu terus menjadi teka-teki. 

Banyak rumor yang mengatakan kalau Khabib akan segera kembali dari masa pensiun pada tahun 2021 ini.

Hal itu bukan tanpa alasan, sejumlah nama petarung tenar yang bermaksud untuk memancing Khabib keluar dari zona pensiunnya telah disiapkan oleh Dana White. Namun pada nyatanya, keputusan Khabib justru bulat dan sulit digoda.