Petarung Senior Indonesia Tantang Jagoan MMA Myanmar pada Februari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 16:59 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© ONE Championship
Sunoto, petarung MMA asal Indonesia Copyright: © ONE Championship
Sunoto, petarung MMA asal Indonesia

INDOSPORT.COM - Setelah absen berlaga selama dua tahun, petarung senior mixed martial arts (MMA) asal Indonesia, Sunoto siap kembali beraksi di ONE Championship untuk menjalani salah satu laga MMA terberat dalam kariernya.

Pria kelahiran Blora tersebut akan menghadapi petarung Myanmar, Tial Thang, dalam laga divisi bantamweight di ONE: BAD BLOOD yang tayang live dari Singapore Indoor Stadium, Jumat (11/02/22).

Sunoto terakhir kali tanding pada Februari 2020 di Jakarta saat mengalahkan Nurul Fikri dalam ajang bertajuk ONE: WARRIOR’S CODE. Ia sempat dijadwalkan menghadapi Tial Thang pada pertengahan tahun lalu, tetapi terpaksa tertunda karena pandemi.  

Kedua petarung saat ini sama-sama membutuhkan kemenangan demi merangsek ke papan atas di kelas bantam. Kemenangan bisa membuka jalan mereka menuju peringkat lima besar.

Sunoto adalah salah satu atlet MMA paling berpengalaman dari Indonesia. Kiprah atlet 36 tahun ini di pentas global ONE Championship dimulai pada 2015 lalu. Sejak saat itu, ia telah mengoleksi 10 kemenangan – terbanyak di antara petarung lain dari tanah air.

Kemenangan atas atlet top seperti Tial Thang akan membuktikan jika ia layak berada di deretan teratas di divisinya dan berhak menghadapi para petarung top.  
 
Di sisi lain, Tial Thang juga mengemban misi penting untuk kembali ke jalur kemenangan. Petarung 28 tahun tersebut sempat menorehkan tiga kemenangan beruntun di ONE, termasuk atas Paul Lumihi, sebelum menderita kekalahan pertama dari Song Min Jong pada pertengahan 2021 lalu.  

Terlebih, ia digadang-gadang sebagai salah satu bintang MMA terbesar dari Myanmar setelah Aung La N Sang. Sebelum terjun ke dunia MMA profesional, ia adalah juara gulat di negaranya dengan torehan 500 kemenangan.  

Saat ini, Tial Thang berlatih di Sanford MMA di Amerika Serikat bersama beberapa nama top seperti Aung La N Sang dan Michael Chandler. Gym tersebut juga pernah menjadi tempat bernaungnya Kamaru Usman.  

Di sisi lain, Sunoto pun saat ini berlatih di Bali MMA, salah satu gym terbaik yang ada di Asia. Berbekal hal tersebut, laga kedua atlet ini dipastikan akan berlangsung sengit dan berimbang karena sama-sama memiliki pengalaman tinggi dalam kancah bela diri.