Kisah Pilu Adriano Moraes, Juara Dunia MMA yang ‘Dipungut’ dari Panti Asuhan

Jumat, 29 Juli 2022 13:32 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© ONE Championship
Adriano Moraes, petarung ONE Championship Copyright: © ONE Championship
Adriano Moraes, petarung ONE Championship

INDOSPORT.COM – Siapa yang menyangka sebelum menjadi juara dunia MMA, ternyata Adriano Moraes memiliki cerita kehidupan yang cukup pilu.

Adriano Moraes merupakan petarung yang tengah naik daun, di mana namanya makin melejit usai mampu menang KO dari GOAT sekaligus legenda MMA, Demetrious Johnson pada 2021 lalu.

Meski kini sudah bisa mewujudkan cita-citanya sebagai petarung hebat dan juara dunia, namun di balik itu semua terdapat kisah pilu yang harus dilalui oleh Moraes bahkan sejak bayi.

Berdasarkan rilis ONE Championship, Moraes yang lahir pada April 1988 ditelantarkan oleh ibu kandungnya sendiri di jalanan, maka sejak bayi hingga sekarang ia tak tahu siapa ibu kandungnya.

Namun terdapat orang baik yang membawa Moraes bayi dari jalanan ke panti asuhan. Beruntung, tak lama kemudian ada seorang wanita berhati malaikat, Mirtes Moraes, yang kini menjadi ibunya mengadopsinya saat masih berusia 3 tahun dan menerima kasih dan cinta yang tulus.

“Ibu berarti segalanya bagi saya. Ia adalah idola, saya melakukan segalanya baginya, dan saya akan terus melakukan yang terbaik bagi beliau. Karena ini adalah cinta," ujar Adriano Moraes.

Saat menginjak remaja, Moraes tumbuh menjadi anak ceria yang penuh energi. Untuk mengarahkan bakatnya, sang ibu mendaftarkan dirinya ke berbagai aktivitas seperti capoeira, judo, dan renang.

Hanya saja, ia seperti tak bisa lepas dari jalanan tempatnya mengawali kehidupan dahulu. Petarung berjuluk “Mikinho” ini banyak menghabiskan masa remajanya di jalanan hingga terlibat dalam pergaulan gangster dan perkelahian jalanan.

Namun, semua pengalaman itu membawanya pada tempat yang memberinya arah dalam hidup. Ironisnya, hal itu diawali saat ia kalah dalam perkelahian jalanan. Peristiwa itu membuatnya memutuskan untuk berlatih Brazilian Jiu-Jitsu (BJJ).

Bak keajaiban, pintu dunia baru langsung terbuka bagi Adriano Moraes. Ia meninggalkan kehidupan jalanan untuk berlatih di Constrictor Team, sebuah sasana ternama di bawah bimbingan Erick Medeiros dan Ataide Junior.