Keren! Petarung MMA Indonesia Eko Roni Saputra Bocorkan Fasilitas Mewah ONE Championship

Rabu, 14 September 2022 12:36 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© ONE Championship
Eko Roni petarung ONE Championship asal Indonesia Copyright: © ONE Championship
Eko Roni petarung ONE Championship asal Indonesia

INDOSPORT.COM – Petarung MMA Indonesia, Eko Roni Saputra membocorkan fasilitas mewah yang ia dapatkan hingga membuatnya merasa ONE Championship sangat peduli dengan keselamatan para atlet.

Sebagaimana diketahui, Eko Roni Saputra merupakan salah satu petarung MMA kebanggaan Indonesia yang tampil di ONE Championship.

Eko sendiri saat ini tengah mencatatkan enam kemenangan beruntun di pentas internasional ONE Championship, yang juga memberikannya fasilitas mewah.

Mantan pegulat yang mendominasi tiga edisi Pekan Olahraga Nasional (PON) ini mengaku bahwa fasilitas yang didapatkannya ialah organisasi tempatnya bertarung sangat peduli akan keselamatan atlet lewat berbagai tes kesehatan yang diterapkan jelang laga.

Salah satunya adalah tes hidrasi demi memastikan para atlet yang berlaga tidak kekurangan cairan dalam tubuh mereka. Tes yang dianggap revolusioner ini pula yang membedakan ONE Championship dengan promotor olahraga tarung lainnya. 

“Kalau bagi saya, tes hidrasi sangat penting ya karena mengetahui kandungan cairan di dalam tubuh kita,” ucap Eko Roni Saputra dari rilis yang diterima INDOSPORT.

“Sejauh ini saat saya bermain di kancah nasional atau internasional, enggak pernah [ada tes] hidrasi, dan kandungan hidrasi ini sangat berpengaruh pada power dan bisa mencegah cepat keram,” tambahnya.

Tes hidrasi memang krusial demi menjaga keselamatan atlet terutama demi menghindari pengurangan berat badan ekstrem. Hal itu kerap terjadi pada atlet olahraga tarung karena mereka harus mencapai bobot tertentu yang telah ditentukan. 

Mengurangi kandungan cairan dalam tubuh dengan tidak banyak mengonsumsi air memang menjadi cara yang kerap terjadi demi mengurangi bobot tubuh dalam waktu singkat. Namun, hal ini tentu berisiko tinggi apalagi dalam olahraga yang penuh kontak fisik.

Dengan diterapkannya tes hidrasi, para atlet yang berlaga di ONE Championship termasuk Eko Roni Saputra dianjurkan berlaga di kelas yang sesuai dengan bobot alami mereka.