Kisah Tayfun Ozcan, Petarung Miskin Korban KDRT Hingga Jadi Calon Juara Dunia ONE Championship

Selasa, 27 September 2022 18:06 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© ONE Championship
Tayfun Ozcan. petarung ONE Championship Copyright: © ONE Championship
Tayfun Ozcan. petarung ONE Championship

INDOSPORT.COM – Tayfun Ozcan merupakan salah satu petarung bela diri yang memiliki kisah hidup miris sebelum berpeluang menjadi calon juara dunia ONE Championship.

Sejumlah petarung bela diri harus melalui lika-liku perjalanan hidup yang bisa dibilang cukup miris sebelum akhirnya meraih kesuksesan.

Hal ini juga dialami oleh Tayfun Ozcan, yang telah menerjang kehidupannya yang pahit hingga akhirnya bisa makin dekat dengan sabuk paling bergengsi dalam kickboxing dalam laga perebutan gelar di ONE Fight Night 2 pada Sabtu (1/10/2022).

Ozcan sendiri lahir di Tilburg, Belanda, petarung berdarah Turki ini memiliki masa kecil yang sulit dan sempat mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang dilakukan oleh ayahnya sendiri.

Melansir dari rilis ONE Championship, sang ayah merupakan pecandu alkohol yang membuat keadaan rumah seperti neraka karena emosi yang tidak terkontrol.

“Masa kecil saya berbeda (dengan anak pada umumnya). Kami tak punya uang, dan saya pun tak punya foto dan kenangan masa kecil,” ujar Tayfun Ozcan.

"Yang kami miliki di rumah hanya pertengkaran dan narkoba. Hanya ada hal negatif di rumah, dan kami selalu dipukuli," tambahnya.

Sosok ayah yang sejatinya menaungi anak, tidak dirasakan oleh Ozcan. Kenyamanan yang seharusnya ia dapat di rumah pun tidak pernah dirasakan. 

"Ketika Anda masih anak-anak, Anda perlu sosok ayah untuk bicara. Anda perlu ayah untuk berlatih dan pergi ke sekolah bersama, sosok yang bisa mengajarkan soal mental. Namun, saya tak punya itu," lanjutnya.

Beruntung, Tayfun Ozcan mengenal kickboxing yang ternyata mengubah hidupnya. Sosok ayah justru ia dapatkan di gym yang membiarkannya ikut berlatih meski tak punya uang sepeser pun untuk biaya latihan.