4 Debutan Petarung dari Asia di Kelas Bulu UFC Sebelum Jeka Saragih, Seperti Apa Nasibnya?

Jumat, 24 Februari 2023 17:57 WIB
Editor: Juni Adi
© UFC
Kemenangan KO Jeka Saragih atas petarung asal India, Pawaan Maan, di babak pembukaan ajang Road to UFC. Copyright: © UFC
Kemenangan KO Jeka Saragih atas petarung asal India, Pawaan Maan, di babak pembukaan ajang Road to UFC.

INDOSPORT.COM - Sebelum Jeka Saragih bergabung UFC, ternyata Asia sudah sering mengirim wakilnya sebagai petarung di ajang MMA terpopuler itu.

Jeka Saragih harus mengakui kehebatan Anshul Jubli lewat TKO pada ronde kedua final Road to UFC yang digelar di UFC Apex, Las Vegas, Amerika Serikat, Minggu (5/2/23).

Petarung asal Simalungun, Sumatera Utara itu memang terkenal dengan gaya kontroversial dan provokatif, seperti saat ronde pertama menghadapi Jubli.

Hanya saja, gaya provokatif yang dilakukannya ternyata tak berhasil memancing Jubli. Bahkan, Jeka Saragih harus kalah lewat TKO di ronde kedua.

Alhasil, kekalahan TKO di ronde kedua final Road to UFC melawan Anshul Jubli sempat membuat mimpi Jeka Saragih untuk tampil di UFC kandas.

Namun, Jeka pada akhirnya tetap mendapatkan kontrak UFC berkat kemenangan KO di babak Road to UFC sebelumnya.

Salah satu penampilan menariknya ketika mengalahkan Pawan Maan, petarung asal India lewat pukulan memutar yang mematikan sekaligus menjatuhkan lawannya.

Sementara itu Final Road to UFC sendiri merupakan salah satu program terobosan dari Presiden UFC, Dana White, yang ingin menyaring petarung terbaik khusus dari benua Asia.

Untuk itu, kesempatan ini tentu menjadi kebanggaan bagi Indonesia terutama Sumatera Utara sebagai tempat kelahiran Saragih.

Jeka Saragih sendiri akan tampil di kelas bulu UFC. Meski levelnya berada di bawah, persaingannya tidak bisa dianggap remeh karena dihuni banyak petarung hebat.

Sebab Kelas bulu merupakan salah satu kelas yang cukup diperhitungkan di UFC. Dari kelas ini lahir para bintang besar UFC seperti Jose Aldo, Conor McGregor, dan Max Holloway.

Sudah ada beberapa wakil dari Asia yang pernah bertarung di kelas bulu UFC sebelum Jeka Saragih. Seperti apa kiprahnya?