4 Induk Olahraga yang Lahir dari 'Rahim' Sumpah Pemuda

Sabtu, 28 Oktober 2017 12:14 WIB
Penulis: Abdurrahman Ranala | Editor: Galih Prasetyo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
4 Induk Olahraga berasal dari Sumpah Pemuda. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
4 Induk Olahraga berasal dari Sumpah Pemuda.

Perjuangan mencapai kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan berbagai cara dan tempo yang sangat lama. Perlawanan terhadap penjajah yang masih terpisah-pisah dan tidak terkoordinir menjadi salah satu penyebab Indonesia belum mencapai kemerdekaan. Atas dasar itu para pemuda dari berbagai daerah berkumpul dalam Kongres Pemuda II 27-28 Oktober 1928. 

Pada kongres tersebut lahirlah sebuah rumusan yang kini dikenal dengan nama Sumpah Pemuda. Dari peristiwa sumpah pemuda, perjuangan mencapai kemerdekaan tidak lagi dilakukan dengan cara terpisah-pisah. Sehingga akhirnya perjuangan mencapai kemerdekaan membuahkan hasil saat dibacakannya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

© Kumparan.com
Presiden RI, Jokowi hadir dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda. Copyright: Kumparan.comPresiden RI, Jokowi hadir dalam perayaan Hari Sumpah Pemuda.

Selain menjadi pemicu bersatunya bangsa Indonesia dalam perjuangan mencapai kemerdekaan, peristiwa sumpah pemuda juga menjadi pemantik terbentuknya organisasi olahraga di Indonesia. Karena perjuangan mencapai kemerdekaan juga bisa dilakukan melalui olahraga, apalagi saat itu pemerintah kolonial Belanda sempat melarang kegiatan olahraga di tempat umum. Selain sebagai media perjuangan, olahraga juga menjadi salah satu faktor pemersatu bangsa.

Sejak lahirnya sumpah pemuda ada beberapa organisasi olahraga yang terbentuk berkat semangat yang lahir dari sumpah pemuda. Berikut ini INDOSPORT sudah merangkumnya untuk Anda.