Komunitas Sehat

4 Jenis Olahraga yang Bisa Hilangkan Stres

Minggu, 16 Desember 2018 15:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Alizila
Jack Ma saat beraksi tai chi. Copyright: © Alizila
Jack Ma saat beraksi tai chi.

Dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, tentunya kita dipusingkan dengan rutinitas yang membuat kepala menjadi berat karena banyaknya beban pikiran yang membuat otak harus berpikir keras.

Entah itu karena rutinitas pekerjaan di kantor, tugas di sekolah atau kuliah, maupun berbagai pekerjaan yang harus dilakukan di rumah.

Setelah itu, tentu ada cukup banyak waktu luang yang tersedia yang dapat kita gunakan untuk apa saja, mulai dari beristirahat, refreshing dengan berjalan-jalan, ataupun berolahraga.

Nah, untuk kegiatan yang disebutkan terakhir, harus diakui cukup banyak yang malas melakukannya. Alasannya pun beraneka ragam, karena sudah lelah dan ingin beristirahat, tak ingin badan menjadi lemas, dan masih banyak lagi.

Padahal, olahraga itu manfaatnya sangat banyak sekali dan tidak sedikit pastinya yang sadar jika berolahraga dapat menghilangkan stres.

Lalu, apa sajakah olahraga yang tergolong ringan dan bisa menghilangkan stress? Berikut INDOSPORT mengulasnya seperti yang dirilis dari HelloSehat:

Jalan

© VideoBlocks
Jalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga. Copyright: VideoBlocksJalan kaki merupakan salah satu bagian dari olahraga.

Jika hari libur, memang paling benar dan nikmat adalah bangun siang. Dengan kata lain, kita seakan-akan membayar jam tidur kita yang kurang karena terkuras dengan kerjaan.

Namun, jika kita memiliki komitmen untuk mempunyai tubuh yang sehat, maka berolahraga di pagi hari jelas sangat menyehatkan.

Tak perlu olahraga yang berat-berat, cukup berjalan kaki saja, entah itu jalan santai atau jalan cepat bisa menyehatkan tubuh Anda.

Jalan pagi hari kurang lebih sekitar 10-15 menit dan jika sudah terbiasa, maka bisa dicoba dengan bangun lebih pagi hari sebelum beraktifitas untuk jalan kaki dengan waktu 2 kali dalam seminggu per 10 menit.

Disarankan, lakukan jalan kaki santai maupun cepat paling lama 30 menit per hari agar bisa mengendalikan tingkat stress Anda.

Menari

© Youtube Blackpink
Personel Blacpink berolahraga dengan menari. Copyright: Youtube BlackpinkPersonel Black Pink berolahraga dengan menari.

Menari bisa menambah kegesitan dalam tubuh untuk bergerak, artinya otot pada tubuh jadi tegang dan terjadi relaksasi.

Tak hanya itu, menari juga bisa meningkatkan detak jantung. Manfaat dari menari adalah bisa mengurangi stress karena tumbunya kontak dan hubungan dengan orang lain.