Komunitas Sehat

Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia, Ini Tips Olahraga Saat Polusi

Sabtu, 29 Juni 2019 10:38 WIB
Penulis: Martini | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Inovasee.com
Kondisi Mudik Lebaran yang menuai kemacetan pada gerbang Brebes Timur. Copyright: © Inovasee.com
Kondisi Mudik Lebaran yang menuai kemacetan pada gerbang Brebes Timur.

INDOSPORT.COM – Dalam beberapa hari terakhir, marak diberitakan kondisi kualitas udara Kota Jakarta yang buruk, bahkan menjadi wilayah dengan angka polusi tertinggi di dunia.

Situs penyedia peta polusi udara online, AirVisual, menilai jika air quality index (AQI) di Jakarta sempat mencapai angka 216 atau masuk ke kategori sangat tidak sehat.

Aktivitas di luar ruangan di lingkungan Jakarta tentu memiliki dampak pada kondisi kesehatan seseorang, lantaran banyaknya polusi dari asap kendaraan dan asap rokok yang memenuhi udara, sehingga melakukan olahraga seperti jogging atau bersepeda juga perlu dipertimbangkan.

Mengingat bahaya dari kandungan polusi tersebut, maka setidaknya harus ada cara lain untuk tetap berolahraga dan menghindari polusi Kota Jakarta.

Berikut portal media olahraga INDOSPORT membagikan tips olahraga saat berada di kondisi wilayah yang memiliki angka polusi tinggi seperti Jakarta.

Pertama, berolahraga di dalam ruangan atau indoor. Saat ini cukup banyak pilihan olahraga di dalam ruangan, mulai dari aktivitas rumahan maupun gym. Olahraga kardio seperti lompat tali, push up, sit up, hingga yoga dapat dilakukan di rumah sendiri. Sementara fitness dan olah tubuh lainnya juga bisa dilakukan di gym.

Kedua, olahraga dengan kondisi polusi tinggi dapat diantisipasi dengan melakukannya di malam hari, dengan kondisi asap dan polusi yang berkurang dibanding saat siang hari. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%