Profil Bahlil Lahadalia yang Disebut-sebut sebagai Calon Menpora

Senin, 21 Oktober 2019 17:08 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© voffice.co.id
Ketua Hipmi Bahlil Lahadalia yang disebut sebagai calon Menpora. Copyright: © voffice.co.id
Ketua Hipmi Bahlil Lahadalia yang disebut sebagai calon Menpora.

INDOSPORT.COM - Satu nama mencuat sebagai calon Menpora di Kabinet Kerja Jilid II. Berikut profil Bahlil Lahadalia yang disebut sebagai calon Menpora. 

Kabinet Kerja Jilid II awalnya direncanakan akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (21/10/19). Namun pada perkembangannya, pengumuman kabinet ditunda hingga Rabu (23/10/19). 

Sehingga, masyarakat belum dapat mengetahui siapa saja menteri yang akan menjabat di Kabinet Kerja Jilid II. Termasuk, teka-teki siapa Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru. 

Meski belum diumumkan, sudah ada bocoran nama yang mencuat soal siapa yang akan menduduki jabatan Menpora, yaitu Bahlil Lahadalia. 

Bahlil Lahadalia disebut sebagai calon Menpora yang baru, jika pada akhirnya Kemenpora tidak dilebur dan menjadi Lembaga Struktural di Bawah Kementerian Negara

Berikut INDOSPORT menyajikan profil dari Bahlil Lahadalia yang disebut sebagai calon Menpora. 

Profil Singkat 

Bahlil Lahadalia dilahirkan di Banda, Maluku Utara, pada tanggal 7 Agustus 1976 atau kini berusia 43 tahun. Meski lahir di Maluku Utara, Bahlil Lahadalia ternyata tumbuh besar di Papua. 

Di Papua juga Bahlil Lahadalia meraih gelar sarjana di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Mumbai, Jayapura. 

Bahlil Lahadalia sendiri lahir dari seorang ayah yang berprofesi sebagai kuli bangunan dan ibu sebagai tukang cuci. Keterbatasan itu membuatnya harus berusaha mencari uang sendiri sejak kecil. 

Mulai dari berjualan kue, menjadi kondektur, hingga menjadi sopir angkot pernah dijalaninya. 

Rekam Jejak Karier

Selain berbisnis, sejak kuliah Bahlil Lahadalia juga aktif dalam organisasi dan tergabung bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia pada tahun 2003. 

Hingga akhirnya pada tahun 2015, lewat Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Bahlil Lahadalia ditetapkan sebagai Ketua Umum HIPMI periode 2015-2019. 

Nama Bahlil Lahadalia sendiri mulai ramai diperbincangkan akan masuk dalam Kabinet Kerja sejak bulan Mei lalu. Saat acara Buka Puasa Bersama HIPMI, Presiden Jokowi menyebut jika Bahlil cocok menjadi menteri.