Intip Cabor yang Bakal Jadi Lumbung Emas Indonesia di SEA Games 2019, Apa Saja?

Sabtu, 23 November 2019 18:05 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ilustrasi INDOSPORT
Cabang olahraga yang Bakal Jadi Lumbung Emas Indonesia di SEA Games 2019. Copyright: © Ilustrasi INDOSPORT
Cabang olahraga yang Bakal Jadi Lumbung Emas Indonesia di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Jelang pembukaan pesta olahraga terbesar Asia Tenggara, intip ragam cabor yang kemungkinan bakal menjadi lumbung emas kontingen Indonesia di SEA Games 2019.

Hajatan multi-event dua tahunan SEA Games sendiri bakal dibuka pada 30 November mendatang di Filipina Arena in Bocaue, Bulacan, dan selama 11 hari sebanyak 530 pertandingan dari 56 cabang olahraga akan dimainkan.

Dari sekian banyak cabang olahraga yang dipertandingkan sepanjang gelaran SEA Games, terdapat beberapa cabor yang sejatinya merupakan unggulan dan menjadi favorit kontingen Indonesia dalam meraih emas.

Seperti di SEA Games 2017 Malaysia, terdapat cabang olahraga panahan yang sukses menjadi salah satu pendulang emas Indonesia dengan total empat medali.

Masing-masing medali emas di cabor tersebut disumbangkan oleh Sri Ranti, Prima Wisnu Wardhana, Diananda Choirunisa di nomor perorangan serta Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa untuk nomor ganda.

Pada SEA Games 2019 ini pun terdapat beberapa olahraga yang kemungkinan bisa menjadi tambang emas kontingen Indonesia dalam meraih medali, berikut INDOSPORT coba rangkum dan mengulas deretan cabor tersebut:

1. Badminton

Atlet bulutangkis Indonesia memang tengah berada di jalur kemenangan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di berbagai ajang BWF yang tiap bulannya selalu menghadirkan wakil Tanah Air di podium juara.

Meski yang bakal tampil di SEA Games 2019 nanti merupakan para atlet muda, namun PBSI ikut mendaftarkan sejumlah pebulutangkis sarat pengalaman macam Jonatan Christie hingga Anthony Sinisuka Ginting.

Dengan kehadiran para pemain 'senior', peluang Indonesia untuk meraih medali emas di cabang olahraga bulutangkis pun terbuka lebar.

2. eSports

Pada SEA Games 2019 ini, akan ada enam gim yang akan dipertandingkan yakni Hearthstone, Tekken, Dota 2, StarCraft II, Mobile Legends: Bang Bang, dan Arena of Valor (AOV).

Dari berbagai gim tersebut, Indonesia berpeluang membawa medali emas di SEA Games lantaran tim eSports asal Tanah Air, yakni EVOS, baru saja menjadi juara dunia di kompetisi Mobile Legends M1 World Championship 2019.

Berbekal prestasi tersebut, tampaknya kontingen Indonesia bisa mudah meraih emas di cabor eSports kali ini atau minimal dapat menyumbang perolehan medali.

3. Atletik

Berbekal hasil di SEA Games 2017 lalu, cabang olahraga atletik tampaknya masih bisa menjadi pendulang medali emas para kontingen Indonesia apalagi beberapa nama tenar yang berprestasi dua tahun lalu kembali di daftarkan PB PASI.

Sebut saja Triyaningsih, Eki Febri Ekawati, Agus Prayogo dan Atjong Tio Purwanto yang merupakan pendulang medali emas SEA Games 2017 dipastikan tampil kali ini.

Andai para atlet unggulan tersebut bisa tampil maksimal, bukan tak mungkin target yang dipatok Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) berupa empat medali emas bisa tercapai.