Bersiap Jalani TC Januari Mendatang, Atlet PON Papua Terkendala Fasilitas Latihan

Minggu, 1 Desember 2019 16:05 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON). Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

INDOSPORT.COM - Atlet Papua yang akan turun berlaga di perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 sudah dijadwalkan menjalani pemusatan latihan (TC) pada Januari mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Kepala pemusatan latihan atlet berprestasi Provinsi (Puslatprov) KONI Papua, Brigjen TNI Irham Waroihan. Total 1.111 atlet dari 37 cabang olahraga dan 56 subcabor sedang menjalani tahap promosi-degradasi.

"Jadi per 1 Januari nanti itu sudah sistem degradasi sehingga pada kodratnya Puslatprov akan mendidik atlet yang sudah jadi dan siap tempur. Kami tak lagi memulai dari nol," katanya, Minggu (1/12/19).

Namun, pria yang juga menjabat sebagai Kasdam XVII/Cenderawasih ini mengkui pihaknya memberikan kebijakan pada tahapan promosi degradasi lantaran masih ada cabor yang memulai dari nol, seperti atletik

Selain itu, Irham Waroihan juga menambahkan bahwa sampai saat ini masih ada beberapa cabor yang mengalami kendala dari segi peralatan latihan.

"Selain harganya sangat mahal, ini kan prosedur birokrasi keuangan untuk akuntabilitas menjadi kewenangan KONI sehingga nantinya kami akan komunikasikan lebih lanjut,” jelasnya.

Irham Waroihan berharap peralatan latihan tersebut nantinya sudah tersedia bagi para atlet di setiap cabor menyusul TC terpusat yang sudah ditetapkan akan digelar mulai Januari mendatang.

“Kalau dari bidang sarana prasarana, KONI sudah menjanjikan peralatan latihan sekitar 80 persen dari kebutuhan kami,” pungkasnya.