7 Tips Gerakan untuk Menyembuhkan Turun Berok (Hernia)

Kamis, 9 September 2021 19:50 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Shutterstock By oneinchpunch
Turun berok atau secara medis disebut penyakit hernia, terjadi ketika suatu organ di dalam tubuh menonjol keluar melalui celah pada otot dalam tubuh Copyright: © Shutterstock By oneinchpunch
Turun berok atau secara medis disebut penyakit hernia, terjadi ketika suatu organ di dalam tubuh menonjol keluar melalui celah pada otot dalam tubuh

INDOSPORT.COM –  Turun berok atau secara medis disebut penyakit hernia, terjadi ketika suatu organ di dalam tubuh menonjol keluar melalui celah pada otot dalam tubuh.

Apabila kondisi terjadi pada anda, tentu saja perlu ditangani segera untuk mencegah terjadinya komplikasi. Tindakan dari dokter pun memang berbeda-beda, ada yang melakukan operasi ataupun tidak.

Melansir Webmd, terdapat  beberapa jenis gerakan saat olahraga yang bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan hernia.

1. Sit to Stand

Caranya duduklah di tepian kursi. Lalu aktifkan otot otot anda, condongkan tubuh di atas kaki, dan pindahkan beban ke kaki anda. Setelahnya, rentangkan kaki dan berdirilah sepenuhnya.

2. Seated Knee Extensions

Duduklah di kursi, dan bersandarlah di sana. Lalu angkat satu kaki ke depan, luruskan. Turunkan kaki itu perlahan. Ulangi gerakan pada kaki yang satunya.

3. Pelvic Floor Contractions

Berbaringlah terlentang. Ambil beberapa tarikan napas. Saat anda menghembuskan napas, kencangkan otot puboccoccygeal (otot yang digunakan untuk menahan air seni).

4. Forward Lunges

Berdirilah dengan satu kaki sedikit ke depan. Ambil langkah maju dengan kaki bagian belakang anda. Biarkan lutut depan menekuk, tetapi jangan membiarkan lutut belakang anda menyentuh tanah.

Setelah itu, berdiri lagi dan ulangi pada kaki yang satunya. Lakukan gerakan ini secara berulang,

4. Button Pulls

Caranya, berbaringlah terlentang. Tekuk lutut, hafa jau afar tetap di lantai atau tempat tidur. Tarik napas dalam-dalam. Saat anda mengeluarkan napas, dorong pusar ke arah tulang belakang.

Tahan gerakan ini selama beberapa detik. Setelah itu, bersantailah, dan kembalilah bernafas lega.

5. Core Twists

Berbaringlah terlentang, tekuk lutut, sementara jaga kaki anda agar tetap di tempat tidur atau di lantai. Setelahnya, turunkan kedua lutut ke satu sisi. Lalu kembalikan lutut pada posisi semula. Ulangi gerakan ini di sisi lainnya,