Anggota DPR Ajak Semua Pihak Dukung Penyelenggaraan PON Papua

Rabu, 15 September 2021 22:10 WIB
Kontributor: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/Indosport.com
Venue softball PON XX Papua. Copyright: © Sudjarwo/Indosport.com
Venue softball PON XX Papua.

INDOSPORT.COM - Anggota Komisi X DPR RI, A.S. Sukawijaya mengajak semua pihak mendukung dan membantu kesuksesan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua. 

Menurut legislator yang kerap disapa Yoyok Sukawi ini, even PON merupakan salah satu gerbang munculnya bibit-bibit atlet Tanah Air untuk even internasional. 

"PON Papua sebentar lagi digelar. Mulai awal Oktober nanti. Ayo semua pihak baik pemerintah, BUMN yang terlibat mau pun atlet itu sendiri dan seluruh masyarakat mendukung even ini," ujar Yoyok Sukawi di sela-sela kesibukannya di Jakarta, Rabu (15/09/21).

"Multieven PON ini merupakan salah satu wadah untuk menjaring bibit-bibit potensial Indonesia yang nantinya diharapkan mampu mengharumkan nama negara di even internasional," imbuh anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat ini. 

Pria yang selama ini berkecimpung dengan dunia olahraga ini juga menuturkan bahwa PON yang sempat tertunda satu tahun jangan dijadikan hanya sebuah even olahraga. 

Namun beberapa aspek seperti segi pembinaan, sportivitas dan sport tourism juga harus diperhatikan supaya semuanya menghasilkan sesuatu yang maksimal. 

"Setelah tertunda satu tahun, besok PON harus maksimal. Junjung tinggi sportivitas. Pengurus organisasi olahraga pusat juga harus menjadi talent scouting untuk menjaring atlet-atlet potensial serta panitia harus mengemas PON ini menarik supaya sisi sport tourism juga didapat," tandas Yoyok Sukawi. 

Terkait rencana penyelenggaraan PON yang akan digelar dengan penonton, Yoyok Sukawi mengingatkan terkait masalah protokol kesehatan. 

Menurutnya, penyelenggaraan PON dengan hadirnya penonton sangat menarik, namun harus berhati-hati mengingat pandemi belum usai. 

"Rencananya kan pakai penonton. Itu prokesnya harus hati-hati. Supaya masyarakat di sana mendapat hiburan namun juga tetap aman," beber Yoyok Sukawi.