MotoGP

Michelin Lakukan Evolusi di MotoGP 2018, Ada Jenis Ban Anyar?

Sabtu, 23 Desember 2017 17:26 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ahmad Priobudiyono
 Copyright:

Michelin sebagai pemasok tunggal ban untuk ajang balap MotoGP rupanya telah membuat keputusan baru jelang hadapi laga musim depan nanti. Keputusan tersebut tentu saja berkenaan dengan rencana penggunaan ban untuk kompetisi tersebut. 

Dilansir Typepress, produsen ban asal Prancis itu memutuskan untuk melakukan sebuah evolusi, dan menolak melakukan revolusi. Michelin sendiri secara tegas akan menerapkan rencana mereka itu pada MotoGP 2018 nanti. 

© motograndprix motorionline
Manajer Michelin khusus roda dua, Piero Taramasso Copyright: motograndprix motorionlineManajer Michelin khusus roda dua, Piero Taramasso

"Tiap balapan memberi kami lebih banyak data untuk memajukan proyek," ungkap manajer Michelin khusus roda dua, Piero Taramasso ketika ditanyai terkait rencana perubahan yang akan mereka bawa di musim mendatang. 

Michelin sendiri memang mengaku tak akan membuat sebuah perubahan besar di tahun 2018 nanti, namun perusahaan ban tersebut tak menampik adanya perbaikan-perbaikan kecil yang akan mereka jalani agar mampu memberikan yang lebih terbaik lagi. 

"Kami berencana membuat perubahan compound dan fine tuning untuk membuat mereka lebih cocok untuk beberapa trek dan permukaan," jelas  Taramasso  soal perubahan kecil yang akan dilakukan oleh Michelin musim depan nanti. Michelin sendiri telah melakukan perpanjangan kontrak sebagai pemasok tunggal di kelas MotoGP hingga tahun 2023.

Memang Michelin sendiri  masih enggan memunculkan jenis ban terbaru dalam waktu dekat ini. Tercatat, terdapat tiga pilihan untuk masing-masing ban depan dan belakang. Pihak Dorna sendiri menilai tiga pilihan ban itu sendiri hingga kini masih menjadi tantangan bagi para tim balap.