MotoGP

Lirik Benua Asia, Dorna Rencana Helat Balapan MotoGP di Jalanan Kota

Sabtu, 27 Januari 2018 15:50 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Ofisial MotoGP
CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta. Copyright: © Ofisial MotoGP
CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta.

Bos Dorna, penyelenggara MotoGP, Carmelo Ezpelata baru-baru ini buka rahasia soal rencana mereka mengadakan balap motor di jalanan kota. Padahal sebelumnya, rencana itu sendiri dianggap hanya isapan jempol belaka. 

Perihal balapan di jalanan kota itu sendiri disampaikan oleh Ezpelata sendiri saat hadir dalam peluncuran motor anyar Movistar Yamaha untuk MotoGP 2018 ini di Madrid, Spanyol, pada Rabu (24/01/18) kemarin. Ezpelata sendiri sempat menyebut balapan di jalanan kota tersebut akan dihelat di benua Asia.

© GETTY IMAGES
Caption Copyright: GETTY IMAGESBalapan MotoGP

"Kami berdiskusi bersama pemerintah setempat tentang peluang untuk mewujudkannya, tentu kami perlu membuat sirkuit yang sangat aman pula," kata Ezpelata, dikutip dari laman resmi milik MotoGP.

Untuk kondisi sirkuitnya sendiri, nantinya Dorna tak begitu mempermasalahkan apakah lintasan tersebut permanen atau tidak. Karena untuk arena run-off nya sendiri akan dibuat seperti sirkuit permanen. 

"Tidak masalah apa sirkuitnya permanen atau tidak, karena arena run-off dan lainnya akan seperti sirkuit permanen," ungkapnya lagi dari acara tersebut beberapa waktu lalu. Jika ditilik kembali, bisa jadi negara di Asia yang punya kemungkinan untuk menyelenggarakan balapan sejenis itu, salah satunya Indonesia.

Indonesia sendiri memang seringkali mengadakan ajang balapan road race yang diadakan di jalanan kota. Di Asia sendiri, kota yang telah mengadakan balapan sejenis itu adalah Macau, China. Dan itu sudah berlangsung cukup lama, meski tercatat beberapa kali memakan korban.