MotoGP

Durasi Balapan MotoGP 2018 Makin Singkat, Ini Penyebabnya

Senin, 5 Februari 2018 17:10 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Logo MotoGP. Copyright: © INDOSPORT
Logo MotoGP.

MotoGP 2018 akan mengalami perubahan kembali di salah satu regulasinya. Dimana akan ada tujuh seri balapannya yang mengalami pengurangan jumlah lap. Tentu saja durasi seri balap yang akan ditonton akan semakin singkat.

Pengurangan lap tersebut rupanya berangkat dari keputusan pihak Komisi Keselamatan dari MotoGP sendiri. Mereka beranggapan bahwa durasi yang panjang tak cukup bagus bagi keselamatan para pembalap.

© MotoGP.com
Penampakan Sirkuit Catalunya. Copyright: MotoGP.comPenampakan Sirkuit Catalunya.

Seperti dilansir Tuttomotoriweb, rincian dari lima seri yang akan mengalami perubahan jumlah lap adalah GP Prancis, GP Catalunya, GP Republik Ceska, GP Amerika Serikat, dan juga GP San Marino. Masing-masing seri akan berkurang satu lap.

Berbeda dengan kelima seri tersebut, pada GP Spanyol dan GP Valencia akan mengalami pengurangan lap dua hingga tiga putaran. Dapat dipastikan, jumlah lap yang dibuang akan setara dengan setengah laga balapan dari seri normal yang biasa dijalani.

Tak hanya MotoGP, kelas balap satu kasta di bawah mereka, Moto2 pun turut bernasib serupa. Akan terdapat sembilan seri dari perjalanan balapan mereka yang mengalami pengurangan jumlah lap.

Perubahan yang terjadi pada MotoGP ini, terlebih lagi terkait pengurangan lap sebenarnya berhubungan era dengan rencana perhelatan ajang balap Moto-e yang diprediksi akan digelar sebelum MotoGP berlangsung.