MotoGP

Subhanallah! Deretan Pembalap Muslim Ini Bakal Warnai MotoGP 2018

Kamis, 1 Maret 2018 15:19 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
© Indosport.com
Pembalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin. Copyright: © Indosport.com
Pembalap asal Malaysia, Hafizh Syahrin.

MotoGP 2018 nampaknya akan memiliki pembalap Muslim baru di ajang tersebut. Ia adalah pembalap Malaysia, Hafizh Syahrin yang baru-baru ini secara resmi didapuk menjadi pembalap Yamaha Tech 3 musim ini. 

Hafizh menjadi pembalap muslim kedua yang akan bertarung melawan rival-rival anyarnya di MotoGP musim ini. Ia sendiri sebelumnya adalah pembalap yang berkiprah di ajang balap kasta kedua Moto2. Dirinya mencatat sejumlah raihan gemilang selama terjun di ajang kelas tersebut.

Ia menggantikan Jonas Folger yang memutuskan untuk mundur dari balapan musim ini karena penyakit yang dideritanya. Hafizh pun didapuk menjadi rekan satu tim rookie terbaik musim lalu, Johann Zarco. 

Rupanya Hafizh sendiri bukan pembalap muslim pertama yang terjun ke ajang balap motor internasional tersebut. Karena sebelumnya sudah ada pembalap muslim tampan kelahiran Ceko, Karel Abraham yang terjun ke lintasan lebih dulu.

Abraham sendiri naik kelas ke MotoGP pada 2011 lalu, bersama dengan tim Cardion AB menggunakan motor produksi Ducati. Tercatat 2015 lalu, Abraham sendiri sempat keluar dari MotoGP dan terjun ke ajang Superbike.

Namun akhirnya ia kembali menjalani balapan di ajang MotoGP sebagai pembalap kedua tim satelit Aspar Team, bersama dengan pembalap Spanyol, Alvaro Bautista. Pada musim ini, Abraham tercatat sebagai pembalap andalan milik Ángel Nieto Team.

Sebelum Hafizh naik kelas ke MotoGP, ajang balap Moto2 memiliki dua pembalap muslim, yaitu Hafizh sendiri bersama dengan Azlan Shah. Sedangkan di kelas Moto3, ada Khairul Idham Pawi dan Adam Norrodin sebagai pembalap muslim yang bertarung di ajang balapan tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
57%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
14%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
14%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
14%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%