MotoGP

Rossi Angkat Bicara soal Teknik Penyelamatan Khas Marquez

  • Valentino Rossi diam-diam memperhatikan bagaimana teknik penyelamatan yang dilakukan Marc Marquez musim lalu.
  • Rossi mengambil kesimpulan bahwa apa yang Baby Alien lakukan bukan lagi sebuah kebetulan.
  • Rossi menilai bahwa pembalap Spanyol tersebut hanya berusaha untuk memperbaiki teknik dan gaya berkendaranya.
Jumat, 2 Maret 2018 18:18 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Lanjar Wiratri
Valentibo Rossi dan Marc Marquez

Legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, diam-diam memperhatikan bagaimana teknik penyelamatan yang dilakukan oleh rival besarnya, yakni pembalap Honda Marc Marquez di beberapa kesempatan pada laga musim lalu. 

Berdasarkan hasil analisa yang ia lakukan terhadap momen-momen crash Marquez, Rossi mengambil kesimpulan bahwa apa yang pembalap berjuluk Baby Alien lakukan bukan lagi sebuah kebetulan. Ada teknik yang Marquez lakukan hingga membuat dirinya mampu melakukan keajaiban tersebut. 

"Ini mengesankan, apa yang dia lakukan membuatnya tidak sering crash lagi. Dia melakukan banyak penyelamatan tahun lalu sehingga tidak mungkin sebuah kebetulan," ungkap Rossi dikutip dari Motorsport.

Rossi menilai bahwa pembalap Spanyol tersebut hanya berusaha untuk memperbaiki teknik, gaya berkendara, dan ia menilai hal tersebut cukup membantu. Dengan meletakkan tubuhnya di antara motor dan aspal, Rossi yakin Marquez tidak akan jatuh.

"Saya rasa bukan soal elektroniknya, tapi motor itu sendiri. Honda dibuat sedemikian rupa sehingga saat roda depan dekat atau merebah dengan aspak (seperti kasus Marquez), motor masih bisa berdiri kembali," jelasnya lagi. 

Teknik penyelamatan Marquez tersebut rupanya tak bisa diterapkan pada motor lain. Hanya motor Honda yang mampu melakukannya, sedangkan ketika motor lain mencoba melakukannya tanpa motor tersebut, tentunya kecelakaan tak dapat terhindarkan.